LAYANAN BEA DAN CUKAI

Lapor ke Jokowi, Sri Mulyani Janjikan Perbaikan Layanan Bea Cukai

Dian Kurniati
Kamis, 16 Mei 2024 | 09.05 WIB
Lapor ke Jokowi, Sri Mulyani Janjikan Perbaikan Layanan Bea Cukai

Menkeu Sri Mulyani.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah melaporkan tindak lanjut dari berbagai masukan yang diberikan masyarakat mengenai Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sri Mulyani mengatakan telah menyampaikan berbagai hal yang viral atau menjadi perhatian publik mengenai DJBC. Kepada Jokowi, dia juga menjanjikan langkah-langkah perbaikan terhadap pelayanan DJBC maupun dari sisi regulasi kepabeanan.

"Semuanya tadi kami sampaikan dan kita akan mengambil langkah-langkah untuk terus memperbaikinya," katanya, dikutip pada Kamis (16/5/2024).

Sri Mulyani mengatakan terdapat beberapa aspek yang menjadi perhatian pemerintah mengenai pelayanan DJBC. Beberapa di antaranya tentang penyebab pelayanan DJBC menjadi viral, baik karena peraturan dan prosedur, sehingga harus diperbaiki.

Dia menjelaskan pelayanan DJBC telah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi yang cepat. Di sisi lain, volume impor yang memerlukan pelayanan kepabeanan juga besar sehingga menjadi beban petugas DJBC turut bertambah.

"Dengan teknologi yang sekarang ini berubah sangat luar biasa cepat, volume kegiatan dan beban yang luar biasa besar," ujarnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga telah mengadakan rapat pimpinan bersama pejabat DJBC sebagai tindak lanjut dari berbagai masukan yang diberikan masyarakat, khususnya beberapa pekan terakhir. Kepada pejabat DJBC, dia meminta agar mampu memetakan risiko dari perubahan ekosistem dan dinamika perekonomian saat ini.

Selain itu, sinergi dengan aparat penegak hukum dan kementerian/lembaga lain juga perlu diperkuat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pembahasan mengenai pelayanan DJBC di media sosial juga telah menjadi perhatian Jokowi. Beberapa hari lalu, dia menyatakan bakal mengadakan rapat internal untuk membahasnya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.