PEMILIHAN ANGGOTA BPK

Sore Ini Komisi XI DPR Voting Calon Anggota BPK

Redaksi DDTCNews
Rabu, 25 September 2019 | 15.40 WIB
Sore Ini Komisi XI DPR Voting Calon Anggota BPK

JAKARTA, DDTCNews - Komisi XI DPR telah merampungkan proses uji kepatutan dan kelayakan calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024. Proses pemilihan segera dilangsungkan sore ini. 

Wakil Ketua Komisi XI Juliari P. Batubara mengatakan pada hari ini telah dilakukan fit and proper test kepada seluruh calon Anggota BPK. Rapat pleno internal akan digelar untuk bisa memilih lima sosok untuk menjadi anggota lembaga auditor negara. 

"Jadi kita sudah undang seluruhnya itu 56 calon dan tidak semuanya hadir dalam fit and proper test. Selanjutnya sore ini dilakukan  rapat pleno internal dan selanjutnya pemilihan pada pukul 15.15 WIB," katanya di kompleks Parlemen, Rabu (25/9/2019). 

Pimpinan rapat fit and proper test dalam dua hari terakhir ini mengungkapkan proses memilih calon Anggota BPK dipastikan  seusai dengan amanat UU No.15/2006 tentang BPK. Komisi XI disebutnya akan melakukan  pemilihan berdasarkan kompetensi dan rekam jejak calon terbaik. 

Politisi PDIP itu menyebutkan  salah satu kriteria yang menjadi pilihan berdasarkan tiga faktor. Pertama, memiliki pengalaman yang mumpuni, kedua memahami tugas sebagai sebagai pimpinan BPK. Ketiga, memiliki visi yang baik dalam memimpin BPK. 

"Kami ingin anggota terpilih memiliki ide dan terobosan yang inovatif dan bukan hanya mengerjakan bussines as usual," paparnya. 

Politisi PDIP itu tidak menampik banyaknya lobi yang dilakukan oleh calon Anggota BPK kepada Komisi XI. Hal tersebut menurutnya masih wajar sepanjang tidak melanggar aturan  perundang-undangan. 

"Saya kira lobi merupakan hal yang wajar. Semua lobi kami terima selama masih dalam batas kewajaran dan tidak secara khusus membicarakan hal yang bersifat khusus dalam proses fit and proper test," imbuhnya. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.