PEMERATAAN EKONOMI

Sri Mulyani: Pembangunan Ekonomi Harus Merata

Redaksi DDTCNews
Selasa, 31 Oktober 2017 | 10.18 WIB
Sri Mulyani: Pembangunan Ekonomi Harus Merata

JAKARTA, DDTCNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hanya mendorong ekonomi tumbuh tinggi, namun juga menciptakan pemerataaan.

"Ini tantangan, maka Jokowi-JK tegaskan kita harus bangun dari yang terluar. Untuk mencapai pemerataan antar penduduk dan pulau yang ada. Bagaimana? Adalah keberpihakan dan penegakan hukum," ujarnya, Senin (30/10).

Sri Mulyani menjelaskan pemerataan ekonomi tersebut bukan hanya dari satu sisi, namun melibatkan keseluruhan komponen. Mulai dari pembangunan infrastruktur, perdagangan hingga ketersediaan pangan.

"Bagaimana pemerintah merespons? Kami belajar dari lembaga-lembaga utama terkait dan mencari langkah yang tepat yang dapat membantu untuk menentukan arah kebijakan kami sendiri," terangnya.

Seiring dengan pemerataan ekonomi, pemerintah juga tengah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Setidaknya ada lebih dari 350 kabupaten/kota yang bertanggungjawab atas pembangunan infrastruktur kesehatan dan pendidikan yang juga menjadi prioritas pemerintah saat ini.

"Lalu, yang penting adalah pembangunan yang merata. Karena Indonesia adalah kepulauan maka ada kesenjangan. Kalau jumlah tenaga kerja 91,8% masih bekerja di pertanian. Kontribusi ke PDB menurun kurang dari 13%. Ini timbulkan masalah tidak hanya produktivitas tapi juga kesejahteraan," ungkapnya. (Amu)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.