KOTA SEMARANG

Pasang Alat Perekam Pajak, Pemkot Sasar 100 Tempat Makan

Muhamad Wildan
Jumat, 6 Mei 2022 | 09.30 WIB
Pasang Alat Perekam Pajak, Pemkot Sasar 100 Tempat Makan

Ilustrasi.

SEMARANG, DDTCNews – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang akan menambah jumlah tapping box atau e-tax yang dipasang di tempat usaha guna mengamankan pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Bapenda Kota Semarang Indriyasari mengatakan Bapenda berencana setidaknya memasang 100 unit e-tax baru pada tahun ini. Dengan demikian, sambungnya, jumlah e-tax bertambah dari 500 unit menjadi 600 unit.

"Tujuannya agar penerimaan pajak yang dititipkan masyarakat bisa menjadi maksimal karena setiap masyarakat yang makan di restoran atau rumah makan dikenakan pajak," katanya, dikutip pada Jumat (6/5/2022).

Selain menambah jumlah unit, lanjut Indriyasari, input data transaksi ke dalam e-tax oleh pelaku usaha hotel dan restoran akan dioptimalkan dengan dibantu mitra pajak. Nanti, mitra pajak bertugas mengawasi e-tax yang sudah dipasang.

"Petugas pengawas tersebut nantinya akan melihat seharian alat elektronik pajak tersebut jalan atau tidak, baik di hotel maupun restoran. Kalau tidak jalan nanti kami panggilkan IT-nya," ujarnya seperti dilansir kuasakata.com.

Di tengah membaiknya kondisi perekonomian, capaian pajak hotel dan restoran diperkirakan akan mengalami peningkatan 2% hingga 3% pada tahun ini. Sosialisasi juga terus dilakukan agar pelaku usaha makin sadar untuk membayar pajak.

"Pajak digunakan untuk pembangunan Kota Semarang agar makin maju, tentunya butuh dari sisi pendapatan pajak yang dibayarkan masyarakat," tutur Indriyasari. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.