KPP PRATAMA KALIDERES

Kantor Pajak Adakan BDS, UMKM Dapat Materi Pembukuan dan Fotografi

Muhamad Wildan
Jumat, 12 Juli 2024 | 10.00 WIB
Kantor Pajak Adakan BDS, UMKM Dapat Materi Pembukuan dan Fotografi

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Kalideres menggelar kegiatan business development services (BDS) dalam rangka mendukung peningkatan skala usaha UMKM.

BDS digelar oleh KPP Pratama Jakarta Kalideres bersama Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kecamatan Kalideres.

"Kegiatan ini bagus diikuti saudara sekalian karena menjadi langkah penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha," kata Kepala KPP Pratama Jakarta Kalideres Yudi Asmara Jaka Lelana, dikutip pada Jumat (12/7/2024).

Terdapat 2 narasumber bidang kewirausahaan yang dihadirkan dalam BDS kali ini, yaitu pendamping UMKM bersertifikat BNSP sekaligus pemilik Alaballa Store, Chaerul Saleh, dan praktisi food photography sekaligus media sosial planner, Ince Sitti Annis.

Dalam kegiatan tersebut, Chaerul menyampaikan materi terkait dengan pembukuan sederhana bagi UMKM. Pembukuan diperlukan agar UMKM bisa merancang strategis bisnis secara matang. Jika pembukuan tidak terorganisir dengan baik, bisnis tidak akan berjalan dengan efektif dan efisien.

"Dengan mengimplementasikan praktik pembukuan yang sederhana, tetapi teratur maka UMKM bisa mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan lebih efisien, serta memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi bisnis mereka," ujarnya.

Sementara itu, Ince memberikan tips fotografi makanan estetik dan menarik menggunakan kamera handphone. Menurutnya, foto produk yang menarik adalah representasi visual utama kepada calon pelanggan.

Dia mengimbau UMKM untuk selalu memperhatikan beberapa poin penting dalam foto produk, seperti pencahayaan yang baik, fokus pada detail, pemilihan sudut yang tepat, hingga tata warna yang alami dan tidak berlebihan. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.