KINERJA PEMERINTAH

Begini Cara Menkeu Perbaiki BLU

Redaksi DDTCNews | Selasa, 22 November 2016 | 17:40 WIB
Begini Cara Menkeu Perbaiki BLU

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah berencana untuk mengevaluasi Badan Layanan Umum (BLU) guna memperbaiki pelayanan publik. Inovasi dan perbaikan kerja merupakan aspek yang akan diperbaiki oleh pemerintah ke depannya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan BLU Indonesia harus mampu bersaing dengan pelayanan publik swasta. Bahkan, ia mengharapkan perbaikan BLU tersebut mampu berkompetisi hingga mencakup luar negeri.

“Aset yang dimiliki BLU itu sangatlah banyak, bisa kita manfaatkan sebaik dan seefisien mungkin. Kami masih memiliki ruang yang cukup untuk memperbaiki kondisi BLU,” ujarnya di Jakarta, Selasa (22/11).

Baca Juga:
Kemenkeu Catat Realisasi Pembiayaan Utang Kuartal I Turun 53 Persen

Pemerintah akan menyeimbangkan antara kinerja BLU dengan kepemilikan aset guna meningkatkan layanan BLU kepada masyarakat dari berbagai kalangan. Dari sisi kinerjanya, pemerintah berencana untuk memantau kondisi yang berlaku saat ini dan akan lebih mendahulukan layanan umumnya.

Kemudian, pemerintah segera mengevaluasi mengenai penggunaan aset agar ke depannya digunakan lebih optimal. Seluruh upaya tersebut diharapkannya mampu meningkatkan pelayanan publik melalui BLU dan bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

Adapun upaya lain yang perlu dilakukan guna meningkatkan pelayanan masyarakat melalui BLU, yakni kerjasama dengan Kementerian terkait untuk saling bersinergi dalam perbaikan BLU. Mengingat, Kementerian atau Lembaga berperan sebagai kepala atas struktur BLU.

Baca Juga:
Sri Mulyani: THR Aparatur Negara dan Pensiunan Hampir Cair 100 Persen

“Kinerja BLU ini ditentukan oleh beberapa K/L terkait yang berperan sebagai kepala struktur BLU. K/L memiliki kompetensi dan harus bertanggung jawab untuk menetapkan kinerja dari sisi layanan umum dan dari sisi corporate governance, tata kelola untuk menciptakan efisiensi dan kinerja internal BLU,” tuturnya.

Sri menegaskan layanan umum, corporate governance, tata kelola, dan kinerja internal merupakan sebuah kombinasi yang cukup sulit untuk bisa disinergikan. Namun, Sri sangat optimis peningkatan pelayanan masyarakat bisa terealisasi melalui perbaikan BLU.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:00 WIB IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

WP Penerima Tax Holiday IKN Juga Berhak Dapat Pembebasan PPh Potput

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:45 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Barang dari Luar Negeri Sampainya Lama, Pasti Kena Red Line Bea Cukai?

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:30 WIB PER-6/PJ/2011

Berapa Batas Nilai Zakat yang Bisa Dijadikan Pengurang Pajak?

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Hal-Hal yang Membuat NIK dan NPWP Tak Bisa Dipadankan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pungut PPN Atas Penyerahan Hasil Tembakau? Pakai Dokumen CK-1

Sabtu, 18 Mei 2024 | 10:00 WIB BPJS KESEHATAN

Pemerintah Pastikan Belum akan Ubah Besaran Iuran BPJS Kesehatan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:35 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Siap-Siap, Coretax System Bisa Rekam Data Transaksi Wajib Pajak