KABUPATEN BERAU

Tertib Bayar Pajak, Wajib Pajak Dapat Hadiah Ini

Redaksi DDTCNews | Jumat, 27 Januari 2017 | 19:23 WIB
Tertib Bayar Pajak, Wajib Pajak Dapat Hadiah Ini

TANJUNG REDEB, DDTCNews – Guna memacu semangat dan stimulus wajib pajak (WP) dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Berau kembali memberikan reward bagi WP yang dinilai tertib dalam melakukan pembayaran.

Kepala Bapenda Berau Maulidiyah mengatakan pemberian reward dilakukan melalui beragam cara. Di antaranya dengan melakukan pengundian langsung bagi WP tertib bayar, dengan memberikan berbagai hadiah menarik, serta malam anugerah pajak yang ditujukan sebagai bentuk penghargaan terhadap WP yang selalu tertib.

“Melalui upaya ini, kita secara tidak langsung mengimbau masyarakat selaku WP dapat menunaikan kewajibannya dengan tepat waktu dan tidak menunggak,” terangnya, Rabu (25/1).

Baca Juga:
Pemkab Karawang Atur Ulang Ketentuan Pajak Daerah, Begini Perinciannya

Sepanjang 2016, Bapenda Berau telah memberikan reward berupa empat unit sepeda motor kepada masyarakat yang dinilai taat dalam membayar pajak. Khususnya untuk sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Untuk tahun ini, Bapenda telah menyiapkan enam unit sepeda motor sebagai hadiah utama.

Menurut Maulidiyah, upaya ini sangat ampuh diterapkan bagi WP di Kabupaten Berau. Terlihat dari peningkatan jumlah WP yang tertib bayar, dan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berau yang meningkat sangat signifikan pada 2016.

“Terbukti tahun 2016 lalu PAD kita mencapai 153,76% dari target yang ditetapkan,” tuturnya.

Baca Juga:
Pemda Bentuk Satgas PBB, Keliling Cek Rumah-Rumah Warga

Selain pemberian reward, upaya sosialisasi pun masih gencar dilaksanakan Bapenda secara intensif, hingga menyasar perusahaan yang ada di Kabupaten Berau selaku WP. Termasuk melakukan audit bagi WP yang terbukti menunggak, bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kaltim.

“Apapun caranya, kita akan upayakan penerimaan sektor pajak bisa maksimal, sehingga mampu menopang keuangan daerah yang saat ini tengah merosot akibat defisit,” pungkas Maulidiyah. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 20 Mei 2024 | 11:30 WIB KABUPATEN KARAWANG

Pemkab Karawang Atur Ulang Ketentuan Pajak Daerah, Begini Perinciannya

Minggu, 19 Mei 2024 | 11:30 WIB KOTA TANGERANG

Pemda Bentuk Satgas PBB, Keliling Cek Rumah-Rumah Warga

Minggu, 19 Mei 2024 | 10:00 WIB KABUPATEN LAMONGAN

HUT ke-455, Pemda Adakan Program Pemutihan Pajak hingga Juni 2024

Sabtu, 18 Mei 2024 | 08:00 WIB KOTA BANJARMASIN

Konsumen Resto Hingga Hotel Patuh Pajak, Ada Hadiah Umrah Menunggu

BERITA PILIHAN