SPANYOL

Sengketa Pajak, José Mourinho Bakal Bayar Rp34,5 Miliar

Kurniawan Agung Wicaksono | Rabu, 05 September 2018 | 14:42 WIB
Sengketa Pajak, José Mourinho Bakal Bayar Rp34,5 Miliar

José Mourinho.

JAKARTA, DDTCNews – Manajer Manchester United José Mourinho dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Spanyol terkait sengketa pajak yang telah lama menimpanya.

Melansir bbc.co.uk, pelatih sepak bola asal Portugal ini telah sepakat untuk membayar sekitar 2 juta euro atau sekitar Rp34,5 miliar atas tuduhan terkait tuduhan tidak penyembunyian hak citra (image right) pendapatannya.

Berdasarkan informasi dari surat kabar lokal Spanyol, El Mundo, Mourinho mengaku telah membayar semua kewajiban pajak yang dimiliki. Seperti diketahui, dia dituduh menyelewengkan pajak penghasilan sekitar 3,3 juta euro atau sekitar Rp57 miliar.

Baca Juga:
Sengketa Pajak atas Penyediaan Jaringan Listrik dan Air

Tuduhan itu dialamatkan ke Mourinho karena pihaknya menyembunyikan image right penghasilannya untuk 2011 dan 2012. Saat itu, dia masih menjadi manajer Real Madrid. Mourinho sebelumnya telah membantah tuduhan itu.

Pria yang pernah dinobatkan sebagai pelatih sepak bola terbaik dunia oleh International Federation of Football History & Statistics ini, masih dari pemberitaan El Mundo, telah menerima satu tahun hukuman penjara yang ditangguhkan.

Namun demikian, sumber-sumber yang dekat dengannya menegaskan tidak ada hukuman penjara yang dikenakan atau diterima. Pihak berwenang Spanyol merilis kasus image right Mourinho pada Juni tahun lalu.

Baca Juga:
Percepat Penyelesaian Sengketa Pajak, Data Analytics Dikembangkan

Spanyol menjadi salah satu negara yang sangat menegakkan aturan pajak secara ketat, sehingga wajib pajak cukup sulit untuk menghindarinya. Tarif pajak bagi pelaku olahraga nonlokal diwajibkan untuk membayar pajak sebesar 24,75% dan pesepakbola lokal sebesar 48% dari penghasilannya.

Mourinho bukan satu-satunya sosok yang berkecimpung di dunia persepakbolaan dan terjerat kasus pajak di tanah Spanyol. Pesepak bola Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar Jr, Sandro Rossel dan Javier Mascherano pun sempat terjerat kasus pajak. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 19 Maret 2024 | 13:33 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Pajak atas Penyediaan Jaringan Listrik dan Air

Senin, 18 Maret 2024 | 17:30 WIB PENGADILAN PAJAK

Percepat Penyelesaian Sengketa Pajak, Data Analytics Dikembangkan

Kamis, 14 Maret 2024 | 08:30 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Ini Data Terbaru Berkas Sengketa yang Masuk Pengadilan Pajak

Rabu, 13 Maret 2024 | 16:45 WIB PENYELESAIAN SENGKETA PAJAK

Turun, Jumlah Berkas Sengketa yang Masuk Pengadilan Pajak pada 2023

BERITA PILIHAN