REFORMASI PERPAJAKAN

Perbarui Sistem Inti Perpajakan, Pegawai DJP Diharapkan Ambil Bagian

Redaksi DDTCNews
Sabtu, 07 Agustus 2021 | 14.00 WIB
Perbarui Sistem Inti Perpajakan, Pegawai DJP Diharapkan Ambil Bagian

Ilustrasi. (DJP)

JAKARTA, DDTCNews - Tim Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP) Ditjen Pajak (DJP) melakukan kunjungan ke unit vertikal di daerah.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP Iwan Djuniardi. Kali ini, tim PSIAP menyambangi KPP Madya Batam.

"Kunjungan ke KPP Madya Batam dalam rangka kesiapan pegawai DJP, khususnya di KPP Madya Batam, terkait dengan proyek yang sedang digarap oleh DJP," bunyi keterangan resmi DJP dalam laman resminya, dikutip pada Sabtu (7/8/2021).

Iwan Djuniardi berharap semua komponen pegawai DJP di seluruh Indonesia ikut ambil bagian dalam proses pembaruan coretax system. Pasalnya, pembaruan tersebut menjadi salah satu agenda strategis dan pilar reformasi perpajakan.

Adapun tim PSIAP belum genap satu tahun bertugas setelah dibentuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Oktober 2020. Tim tersebut terdiri dari 169 pegawai Kemenkeu. Mereka menjadi garda terdepan dalam proses pembaruan coretax system yang ditargetkan rampung pada 2024.

Tim PSIAP memiliki dua tujuan utama dalam mengawal proses pembaruan coretax system. Pertama, memastikan pembaruan sistem inti administrasi perpajakan mampu mewujudkan penerimaan pajak yang optimal.

Kedua, hasil kerja tim PSIAP mampu mendorong peningkatan tax ratio dalam jangka panjang. Menkeu Sri Mulyani menyampaikan tim PSIAP memiliki peran penting untuk mewujudkan pondasi sistem perpajakan yang efektif, efisien, andal, dan adil.

Menkeu menyampaikan tim PSIAP wajib berpikir dan bergerak secara kolektif dan kreatif dalam mengawal agenda reformasi perpajakan bidang teknologi informasi dan basis data.

Tim pelaksana PSIAP tidak hanya berasal dari unit DJP, tetapi juga berasal dari unit eselon I lainnya di Kementerian Keuangan. PSIAP merupakan bagian dari program pembaruan sistem administrasi perpajakan (PSAP).

Program ini merupakan proses berkelanjutan dari proses reformasi perpajakan yang telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, ada tim yang secara khusus bertugas menyelesaikan proyek coretax system tepat waktu. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.