Trusted Indonesian Tax News Portal
|
 
Berita
Selasa, 11 Desember 2018 | 20:38 WIB
ZAMBIA
Selasa, 11 Desember 2018 | 16:52 WIB
KEPATUHAN PEGAWAI PAJAK
Selasa, 11 Desember 2018 | 16:22 WIB
PENGEMBANGAN UMKM
 
Review
Senin, 10 Desember 2018 | 08:02 WIB
ANALISIS TRANSFER PRICING
Jum'at, 07 Desember 2018 | 10:35 WIB
PROFESOR MIRANDA STEWART:
Jum'at, 07 Desember 2018 | 08:22 WIB
ANALISIS TRANSFER PRICING
Fokus
Literasi
Selasa, 27 November 2018 | 10:52 WIB
PROFIL PERPAJAKAN BULGARIA
Rabu, 21 November 2018 | 11:48 WIB
PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (14)
Rabu, 14 November 2018 | 19:13 WIB
PRESIDEN SOEKARNO:
 
Data & alat
Rabu, 05 Desember 2018 | 09:15 WIB
KURS PAJAK 5-11 DESEMBER 2018
Rabu, 28 November 2018 | 09:05 WIB
KURS PAJAK 28 NOVEMBER-4 DESEMBER 2018
Rabu, 21 November 2018 | 09:23 WIB
KURS PAJAK 21-27 NOVEMBER 2018
 
Komunitas
Sabtu, 08 Desember 2018 | 09:23 WIB
SEMINAR DIGITALPRENEUR-STIAMI
Jum'at, 07 Desember 2018 | 17:38 WIB
TRANSFER PRICING
Jum'at, 30 November 2018 | 18:04 WIB
SEMINAR TAXPLORE 2018-FIA UI
 
Reportase

Pemeriksaan Transfer Pricing atas Management Fee

0

Pertanyaan:

Perusahaan tempat saya bekerja tengah diperiksa oleh kantor pajak karena mengalami posisi pajak lebih bayar. Dibandingkan dengan tahun lalu, perusahaan kami mengalami kerugian.

Dengan pihak afiliasi, kami melakukan transaksi pembelian bahan mentah dan pembayaran management fee. Dalam dokumentasi transfer pricing, metode yang kami gunakan adalah transactional net margin method (TNMM). Laba perusahaan kami berada di bawah perusahaan industri sejenis.

Penentuan harga pembelian bahan mentah berdasarkan negosiasi, mengacu pada harga pasar. Sedangkan, pembayaran management fee dilakukan berdasarkan alokasi biaya penyedia jasa ditambah dengan mark-up 5%.

Terkait dengan transaksi pembayaran management fee, kami tidak mempunyai dokumen pendukung yang cukup.  Atas hal itu, bagaimana menyikapinya? Dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan selain dokumentasi transfer pricing?

Terima kasih.

Laksono Budi, Jakarta

Jawaban:

TERIMA kasih atas pertanyaan yang telah Bapak ajukan, berikut penjelasan dari kami. Perusahaan yang mengalami kerugian selalu berhadapan dengan risiko koreksi yang tinggi di dalam proses pemeriksaan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan transaksi perusahaan Bapak adalah sebagai berikut:

  1. Ada dua hal utama yang harus Bapak penuhi apabila transaksi pembayaran management fee dapat dikatakan wajar. Pertama, jasa tersebut telah secara nyata diserahkan dan memberikan manfaat ekonomis bagi penerimanya. Kedua, harga yang ditagihkan wajar.

Memang, pembuktian adanya penyerahan jasa dan manfaatnya bukanlah hal yang mudah. Seringkali, banyak perusahaan yang tidak mendokumentasikan penyerahan jasa tersebut secara baik. Apalagi, sampai saat ini justifikasi manfaat masih sering menjadi perdebatan ketika proses pemeriksaan pajak.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal yang sedang dihadapi ini, seharusnya perusahaan Bapak menyediakan sebanyak mungkin dokumen-dokumen pendukung secara jelas. Tujuannya, untuk menunjukkan bahwa jasa tersebut telah benar-benar diberikan, seperti: bukti kedatangan penyedia jasa, laporan kegiatan hasil dari jasa yang diberikan, struktur organisasi perusahaan, dan bukti-bukti lain yang relevan.

  1. Dalam hal pembuktian harga wajar atas management fee, perlu menyediakan detail biaya untuk dijadikan dasar pengalokasian beban management fee dari afiliasi, selain pembanding untuk transaksi management fee tersebut. Pembuktian akan lebih kuat apabila biaya yang dikeluarkan oleh afiliasi tersebut telah diverifikasi oleh kantor Akuntan Publik melalui audit upon procedure.

Dalam hal transaksi pembelian, jika menggunakan harga pasar sebagai acuan maka akan lebih tepat pembuktian harga wajar dengan menggunakan metode perbandingan di level harga (Comparable Uncontrolled Price/CUP). Namun, perlu diperhatikan juga penyesuaian-penyesuaian yang mungkin dibutuhkan jika terdapat perbedaan kondisi antara transaksi yang diuji dengan harga pasar tersebut.

  1. Hal yang perlu dijelaskan pada saat pemeriksaan apabila perusahaan menderita kerugian adalah disebabkan oleh faktor bisnis semata dan bukan dikarenakan adanya penghindaran pajak melalui skema transfer pricing.

Namun perlu diperhatikan, penjelasan tersebut perlu didukung oleh bukti-bukti yang kuat. Dalam kasus perusahaan Bapak, ada beberapa bukti yang mungkin dapat memperkuat. Di antaranya berupa tren nilai tukar rupiah sepanjang tahun lalu kemudian dikaitkan dengan tanggal pembelian bahan baku dan tanggal penjualan. Ditambah lagi, data atau jurnal industri yang dapat menunjukkan tekanan kompetisi di industri. Bukti lain yang juga penting berupa perbedaan kondisi industri di Indonesia dengan kondisi industri di negara perusahaan pembanding berada.

Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat membantu Bapak dalam menyelesaikan kasus yang sedang dihadapi.* (Disclaimer)

Topik : konsultasi pajak, pemeriksaan tranfer pricing, prinsip kewajaran, management fee
artikel terkait
Rabu, 10 Oktober 2018 | 08:30 WIB
KONSULTASI
Sabtu, 16 Juni 2018 | 17:12 WIB
KONSULTASI PAJAK
Senin, 05 November 2018 | 06:58 WIB
KONSULTASI TRANSFER PRICING
Kamis, 16 Juni 2016 | 19:31 WIB
KONSULTASI PAJAK
berita pilihan
Rabu, 31 Oktober 2018 | 06:05 WIB
KONSULTASI TRANSFER PRICING
Rabu, 10 Oktober 2018 | 08:30 WIB
KONSULTASI
Kamis, 25 Oktober 2018 | 06:31 WIB
KONSULTASI
Rabu, 17 Oktober 2018 | 06:41 WIB
KONSULTASI
Jum'at, 02 November 2018 | 07:31 WIB
KONSULTASI TRANSFER PRICING
Kamis, 29 November 2018 | 06:14 WIB
KONSULTASI TRANSFER PRICING
Selasa, 03 April 2018 | 11:50 WIB
KONSULTASI PAJAK
Senin, 05 November 2018 | 06:58 WIB
KONSULTASI TRANSFER PRICING
Selasa, 03 April 2018 | 14:57 WIB
KONSULTASI PAJAK
Senin, 26 September 2016 | 10:30 WIB
KONSULTASI PAJAK
0