TIPS PAJAK

Cara Lapor Harta Emas dan Berlian di SPT Tahunan Form 1770S

Vallencia | Senin, 13 Februari 2023 | 12:00 WIB
Cara Lapor Harta Emas dan Berlian di SPT Tahunan Form 1770S

EMAS dan berlian merupakan produk yang banyak digemari khalayak umum. Sebab, produk ini tidak hanya digunakan sebagai perhiasan ataupun aset kekayaan, tetapi juga berfungsi sebagai instrumen investasi.

Dalam aspek perpajakan, emas dan berlian yang dimiliki wajib pajak harus dilaporkan dalam SPT Tahunan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi. Namun, harta tersebut hanya dilaporkan dan tidak dikenakan pajak kembali.

Pelaporan harta diperlukan supaya otoritas pajak dapat menilai kewajaran dari kepemilikan harta terhadap penghasilan. Apabila harta yang dimiliki tidak dilaporkan dalam SPT tahunan PPh orang pribadi maka berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca Juga:
Cara Dapatkan Bukti Potong Pajak Bunga Tabungan dari Bank CIMB Niaga

Lantas, bagaimana cara melaporkan harta berupa emas dan berlian dalam SPT tahunan PPh orang pribadi? Sehubungan dengan hal ini, DDTCNews akan mengulas cara melaporkan harta berupa emas batangan dan berlian di SPT 1770S.

Untuk diperhatikan, SPT 1770S digunakan wajib pajak orang pribadi dengan penghasilan bruto lebih dari Rp60 juta atau menjadi pegawai pada lebih dari 1 perusahaan dalam 1 tahun pajak. Pelaporan SPT 1770S dapat dilakukan melalui fitur e-filing di DJP Online.

Silakan akses DJP Online dan lakukan login dengan memasukkan NPWP/NIK, kata sandi, dan kode keamanan. Berikutnya, pilih menu Lapor dan klik e-filing. Kemudian, pilih Buat SPT dan jawab pertanyaan yang diajukan oleh sistem.

Baca Juga:
Cashback Jadi Objek Pajak Penghasilan? Begini Ketentuannya

Pada pertanyaan terakhir, Anda akan diminta untuk memilih 3 opsi bentuk form yang ditawarkan. Silakan mengisi SPT 1770S dengan opsi formulir. Tekan opsi dengan bentuk formulir dan tekan SPT 1770S dengan formulir.

Isi data formulir dan tekan Langkah berikutnya. Sistem akan mengarahkan Anda untuk mengisi Lampiran II SPT 1770S. Lengkapi seluruh data yang diminta. Pelaporan harta dilaksanakan pada Lampiran II Bagian B: Harta pada Akhir Tahun. Silakan klik tombol Tambah +.

Kemudian, isi kode harta dengan opsi 051-Logam Mulia (emas batangan, emas perhiasan, platina batangan, platina perhiasan, logam mulia lainnya). Lalu, isi nama harta sesuai dengan jenis emas yang dimiliki.

Baca Juga:
Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

Berikutnya, lengkapi tahun perolehan dan harga perolehan. Sementara itu, pada bagian keterangan, dapat Anda isi dengan merek, kadar emas, dan berat emas. Lalu, pilih Simpan. Harta berupa emas akan muncul pada daftar harta akhir tahun.

Dalam melaporkan harta berupa berlian, klik tombol Tambah + kembali pada Bagian B: Harta Pada Akhir Tahun. Pada bagian kode harta, Anda dapat memilih 052-Batu Mulia (Intan, Berlian, Batu Mulia lainnya). Silakan lengkapi data lainnya.

Isi nama harta sesuai dengan jenis batu mulia yang dimiliki. Kemudian, pada bagian keterangan dapat diisi dengan merek, kadar karat, dan berat berlian. Lanjutkan proses pelaporan SPT tahunan PPh orang pribadi hingga selesai. Semoga bermanfaat. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 28 Maret 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cashback Jadi Objek Pajak Penghasilan? Begini Ketentuannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:31 WIB PENGAWASAN PAJAK

Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

BERITA PILIHAN
Kamis, 28 Maret 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cashback Jadi Objek Pajak Penghasilan? Begini Ketentuannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:47 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:31 WIB PENGAWASAN PAJAK

Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:42 WIB PELAPORAN SPT TAHUNAN

Mau Pembetulan SPT Menyangkut Harta 5 Tahun Terakhir, Apakah Bisa?

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jatuh pada Hari Libur, Batas Waktu Pelaporan SPT Tahunan Tidak Diundur

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:17 WIB PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK

Optimalisasi Dua PP Perpajakan Migas Jadi Cara untuk Genjot PNBP Migas