KEBIJAKAN MONETER

Ekonomi Relatif Stabil, BI Pangkas Suku Bunga

Redaksi DDTCNews
Kamis, 22 September 2016 | 18.15 WIB
Ekonomi Relatif Stabil, BI Pangkas Suku Bunga

JAKARTA, DDTCNews  – Bank Indonesia (BI) memutuskan memangkas BI 7-Day Reverse Repo (RR) Rate sebesar 25 basis poin (bps). Artinya, BI 7-Day RR Rate yang semula 5,25% kini turun menjadi 5%. Ketentuan ini berlaku efektif sejak mulai 23 September 2016.

Direktur Eksekutif BI Tirta Segara dalam keterangan resminya mengatakan penurunan BI 7-Day RR Rate sejalan dengan stabilitas makroekonomi yang terus berlanjut. Hal itu tercermin dari inflasi yang rendah, defisit transaksi berjalan yang terkendali dan nilai tukar yang relatif stabil.

“Pelonggaran kebijakan moneter itu diharapkan dapat lebih memperkuat upaya untuk mendorong permintaan domestik guna terus mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (22/9).

BI juga menurunkan suku bunga deposit facility dari 4,5% menjadi 4,25% atau turun 25 bps. Sementara lending facility juga turun 25 bps yakni, dari posisi 6% menjadi 5,75%.

Tirta mengaku BI optimis  pemangkasan suku bunga tersebut akan memperkuat kebijakan pemerintah yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk mengoptimalkan pelaksanaan program tax amnesty agar bisa memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, BI memprediksikan ekonomi global akan tumbuh lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. Volume perdagangan juga diperkirakan akan menurun signifikan.

Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan III/2016 dinilai masih terjaga dengan baik meski tidak sekuat seperti perkiraan sebelumnya. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.