KEBIJAKAN PEMERINTAH

Sri Mulyani Ingatkan K/L dan Pemda untuk Optimalkan Aset Negara

Dian Kurniati
Kamis, 10 Oktober 2024 | 16.00 WIB
Sri Mulyani Ingatkan K/L dan Pemda untuk Optimalkan Aset Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali mengingatkan seluruh kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah untuk terus mengoptimalkan pengelolaan barang milik negara (BMN).

Sri Mulyani mengatakan seluruh BMN berasal dari uang rakyat, baik dari pajak, bea dan cukai, serta penerimaan negara bukan pajak. Untuk itu, setiap penanggung jawab BMN harus memastikan manfaat dari pembangunan aset negara dapat dirasakan masyarakat.

"Itu dibangun dengan uang rakyat, tolong dipelihara dan dimanfaatkan," katanya dalam seremoni serah terima BMN Kementerian PUPR 2024, Kamis (10/10/2024).

Sri Mulyani menuturkan Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR telah melaksanakan serah terima BMN senilai total Rp19,26 triliun pada tahun ini, terdiri atas BMN yang dihibahkan Rp13,36 triliun dan BMN yang dialihstatuskan penggunaannya Rp5,89 triliun.

BMN yang diserahterimakan meliputi BMN berupa pembangunan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di sekolah, renovasi beberapa stadion untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat, serta pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM).

Untuk BMN yang diserahterimakan, meliputi rumah susun kepada pemerintah daerah, yayasan, dan universitas. BMN rumah susun ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau asrama mahasiswa.

Selain itu, lanjut Sri Mulyani, terdapat pula BMN yang berupa jalan, jembatan, saluran drainase, pengelolaan limbah, serta instalasi pengolahan air.

Dia menjelaskan BMN yang diserahterimakan oleh Kementerian PUPR dalam 1 dekade terakhir ini telah mencapai Rp374,66 triliun. Menurutnya, pelaporan penyerahterimaan BMN ini menjadi bentuk transparansi penggunaan uang rakyat.

"Ini adalah memang cara kita untuk menjelaskan ke publik bahwa uang yang kita kumpulkan di dalam APBN melalui pajak, bea cukai, maupun penerimaan negara bukan pajak digunakan dan manfaatnya disampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Setelah diserahterimakan, Sri Mulyani berharap semua BMN dapat dimanfaatkan agar memberikan manfaat ekonomi, sosial, lingkungan, dan kultural. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.