KEPATUHAN PAJAK

Antisipasi Lonjakan Pelaporan SPT, Ini Langkah Kanwil DJP Jakpus

Redaksi DDTCNews
Selasa, 05 Maret 2019 | 14.53 WIB
Antisipasi Lonjakan Pelaporan SPT, Ini Langkah Kanwil DJP Jakpus

Kepala Kanwil DJP Jakarta Pusat Estu Budiarto. (foto: DJP)

JAKARTA, DDTCNews – Langkah antisipasi lonjakan penyampaian SPT disusun Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pajak (DJP) Jakarta Pusat. Periode akhir pekan menjadi perhatian utama.

Kepala Kanwil DJP Jakarta Pusat Estu Budiarto mengatakan secara tradisional penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan akan naik tajam pada akhir pekan. Volume penyampaian bisa lebih tinggi pada dua minggu terakhir jelang tenggat. Untuk itu, KPP yang berada di Jakarta Pusat dipastikan tetap buka di akhir pekan pada dua minggu terakhir Maret 2019.  

“Yang kita hati-hati dalam 2 mingggu ke  depan itu pada hari Sabtu dan Minggu karena pasti akan ada peningkatan. Jadi kami juga buka [pelayanan di akhir pekan],” katanya di KPP Madya Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Selain membuka pelayanan pada akhir pekan, dia mengungkapkan akan ada upaya turun ke lapangan untuk jemput bola yang dilakukan oleh petugas pajak. KPP di wilayah Kanwil Jakarta Pusat akan membuka pelayanan di kantor kelurahan dan kecamatan.

Pola pelayan di KPP, disebut Estu, juga akan mengalami perubahan. Besarnya porsi penyampaiam SPT melalui e-Filing menuntut perubahan pola pelayanan di kantor pajak.

“Kemudian sistem pelayanan di KPP juga akan dibuat kelas-kelas (kelompok). Jadi kalau antri (sendiri-sendiri) kan panjang. Sementara, generasi sekarang banyak gunakan gadget sehingga bisa lebih cepat," tandasnya.

Melalui serangkaian strategi tersebut, kepatuhan formal wajib pajak diharapkan dapat semakin baik tahun ini. Adapun target kepatuhan formal di Kanwil Jakarta Pusat dipatok pada angka 82%. Hingga Senin kemarin, jumlah SPT yang masuk sebanyak 18.816, baik orang pribadi maupun badan.

“Target kami di Kanwil tahun ini yang wajib sampaikan SPT itu ada sekitar 128.000 wajib pajak," imbuh Estu. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.