AUSTRALIA

Otoritas Minta Informasi Aset Wajib Pajak ke Perusahaan Asuransi

Nora Galuh Candra Asmarani
Rabu, 18 Desember 2019 | 11.51 WIB
Otoritas Minta Informasi Aset Wajib Pajak ke Perusahaan Asuransi

Ilustrasi.

CANBERRA, DDTCNews – Australian Taxation Office (ATO) akan meminta informasi dari 30 perusahaan asuransi terkait dengan kepemilikan aset tertentu yang dimiliki wajib pajak (WP) Australia.

Data aset tersebut seperti kapal pesiar atau kapal laut lainnya, karya seni, kuda, kendaraan bermotor bernilai tinggi, serta pesawat terbang dengan ambang batas nilai tertentu. ATO menganggap data aset dapat dimanfaatkan untuk meninjau kesesuaian pemenuhan kewajiban pajak.

“Dengan aset bernilai tinggi seperti karya seni, mungkin ada beberapa capital gain yang signifikan ketika aset tersebut dijual. Dari penjualan itu kemungkinan akan ada pajak capital gain yang perlu dibayarkan," kata ATO, Rabu (18/12/2019), seperti dilansir new.com.au.

Selain itu, ATO meminta informasi tersebut sebagai bagian dari upaya untuk memastikan kepatuhan pajak WP Australia. Kepatuhan pajak itu diukur dengan pembayaran bagian pajak yang adil serta pemenuhan kewajiban pelaporan pajak

Melalui permohonan informasi tersebut, ATO akan mengantongi informasi keuangan dari sekitar 350.000 wajib pajak. Informasi keuangan itu berasal dari tahun pajak 2015 hingga saat ini. Permohonan informasi ini juga merupakan bagian dari program pencocokan data wajib pajak

Hal ini berarti data keuangan yang diperoleh akan digunakan untuk memeriksa kesesuaian antara penghasilan yang dilaporkan dengan kekayaan yang sesungguhnya. Data keuangan itu juga dapat dimanfaatkan untuk meninjau pemenuhan kewajiban pajak good and services tax (GST).

“Jika kami menemukan klaim pajak masukan GST yang salah atas barang yang dibeli karena alasan pribadi, kami akan menindaklanjutinya dan meminta pembayaran penuh di atas kepentingan apa pun serta memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Secara lebih terperinci, ambang batas nilai aset yang akan dicari datanya oleh ATO antara lain kapal laut senilai AUD100.000, kendaraan bermotor bernilai AUD65.000, kuda ras murni senilai AUD65.000, karya seni dengan nilai AUD100.000 per item, serta pesawat senilai AUD150.000.

Lebih lanjut, ATO mengimbau bagi wajib pajak yang membuat kesalahan terkait dengan kewajiban pajaknya untuk menyatakan kepada ATO. Wajib pajak juga dapat membuat pengungkapan sukarela kepada ATO kemungkinan akan mendapat pengurangan denda administrasi maupun bunga.

“Jika seorang wajib pajak melaporkan penghasilan kena pajak senilai AUD70.000 kepada kami tetapi kami tahu mereka memiliki kapal pesiar senilai AUD3 juta maka sama saja dengan dia mengacungkan bendera merah,” kata Wakil Komisaris ATO Deborah Jenkins, seperti dilansir the guardian. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.