BANK DUNIA

Alasan Bank Dunia Tunjuk Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Pelaksana

Redaksi DDTCNews | Jumat, 10 Januari 2020 | 15:28 WIB
Alasan Bank Dunia Tunjuk Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Pelaksana

Mari Elka Pangestu.

WASHINGTON, DDTCNews – Mantan Menteri Perdagangan serta Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Mari Elka Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Penunjukkan diumumkan langsung oleh Presiden Kelompok Bank Dunia David Malpass pada Kamis (9/1/2020) waktu setempat. Mari efektif bekerja mulai 1 Maret 2020. David mengaku senang menyambut Mari bergabung dengan tim di Kelompok Bank Dunia.

“Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank Dunia dalam peran baru yang penting bagi institusi,” ujar David, seperti dikutip dari laman resmi Bank Dunia.

Baca Juga:
Digitalisasi Sistem Pajak, Filipina Minta Dukungan World Bank dan ADB

Pengalaman Mari sebagai Menteri Perdagangan Indonesia (2004—2011) serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2011—Oktober 2014) sangat dibutuhkan. Hal ini juga didukung dengan pengakuan secara global Mari sebagai ekonom dan peneliti.

Selain itu, Mari juga dinilai mempunyai pengalaman kepemimpinan yang luas dan keterlibatan dalam forum-forum internasional, terutama tentang masalah-masalah pembangunan yang krusial. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak Bank Dunia.

“Pekerjaan mendesak kami di Kelompok Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan yang meluas dan pengentasan kemiskinan,” imbuh David.

Baca Juga:
Pendapatan Rendah, APBN Indonesia Cenderung Prosiklikal

Pada saat ini, Mari adalah Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affairs. Dia juga sebagai Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesin dan asisten profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy and Crawford School of Public Policy, Australian National University. Dia juga sebagai Anggota Dewan Indonesia Bureau of Economic Research (IBER) serta Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

“Merupakan suatu kehormatan besar dapat bergabung dengan Bank Dunia dalam misi pembangunan vitalnya. Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim kuat ini dalam tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia,” ujar Mari setelah penunjukkan.

Dalam peran barunya, Mari akan memimpin dan mengawasi program kerja Kelompok praktik global Bank Dunia. Selain itu, dia juga akan mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia. Fungsi hubungan eksternal dan korporat juga melekat. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 13 Desember 2023 | 15:35 WIB LAPORAN WORLD BANK

Pendapatan Rendah, APBN Indonesia Cenderung Prosiklikal

Selasa, 21 November 2023 | 14:03 WIB KEBIJAKAN KETENAGAKERJAAN

RI Hadapi Bonus Demografi, World Bank Soroti Ekosistem Tenaga Kerja

Kamis, 12 Oktober 2023 | 10:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Di Forum World Bank-IMF, Sri Mulyani Soroti Penanganan 3 Isu Penting

BERITA PILIHAN