ADMINISTRASI PAJAK

DJP Sediakan Laman Aktivasi EFIN, Sudah Coba?

Muhamad Wildan | Selasa, 23 Maret 2021 | 15:31 WIB
DJP Sediakan Laman Aktivasi EFIN, Sudah Coba?

Tampilan depan laman efin.pajak.go.id.

JAKARTA, DDTCNews – Ditjen Pajak (DJP) menyediakan laman aplikasi yang bisa dimanfaatkan wajib pajak untuk melakukan aktivasi electronic filing identification number (EFIN).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan melalui laman efin.pajak.go.id, wajib pajak bisa mengaktifkan EFIN melalui fitur pengenalan wajah atau face recognition.

"Itu baru. Pelayanan untuk memudahkan wajib pajak. [Laman itu digunakan] untuk mendapatkan EFIN dengan pengenalan wajah," ujar Neilmaldrin, Senin (23/3/2021).

Baca Juga:
DJP: 13,57 Juta WP Sudah Laporkan SPT Tahunan hingga 23 April 2024

Untuk memanfaatkan efin.pajak.go.id, wajib pajak perlu menyiapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebelum memulai proses aktivasi EFIN. Setelah itu, wajib pajak juga perlu memberikan akses terhadap kamera guna menjalankan face recognition.

"Aktivasi EFIN (Beta) dapat dilakukan jika data kependudukan Anda telah sesuai dan verifikasi data pendaftaran telah selesai dilakukan petugas KPP," bunyi informasi pada bagian disclaimer laman efin.pajak.go.id.

Seperti diketahui, EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan DJP kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan DJP. Salah satu transaksinya adalah pelaporan SPT melalui e-filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.

Baca Juga:
Lebih Potong Pajak karena TER, SPT Tahunan Pegawai Bakal Tetap Nihil

Kode EFIN digunakan sebagai identifikasi bagi setiap wajib pajak agar dapat melakukan transaksi elektronik. Setelah EFIN diaktifkan, wajib pajak dapat menggunakannya untuk registrasi pada situs DJP Online.

Berdasarkan pada penggunaanya, EFIN dibagi menjadi dua jenis, yakni EFIN untuk wajib pajak orang pribadi dan EFIN untuk wajib pajak badan. Simak Kamus Pajak ‘Mau Daftar DJP Online Butuh EFIN, Apa Itu EFIN?’. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

24 Maret 2021 | 01:14 WIB

Dengan pengalaman sebagai relawan pajak, saya rasa web khusus efin sangat membantu WP yang lupa efin atau belum punya efin untuk transaksi elektronik. Semoga versi beta lekas rampung dan full version segera liris

23 Maret 2021 | 20:57 WIB

Adanya aplikasi/laman EFIN ini diharapkan bisa memudahkan para wajib pajak. Kondisi pandemi seperti saat ini, sudah saatnya menuju ke era digitalisasi yang lebih masif sehingga wajib pajak dapat melaksanakan kewajibannya dengan nyaman dan mudah.

23 Maret 2021 | 15:54 WIB

Ini msh versi beta..belum di launching resmi sama DJP

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 15:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

DJP: 13,57 Juta WP Sudah Laporkan SPT Tahunan hingga 23 April 2024

Rabu, 24 April 2024 | 15:12 WIB PAJAK PENGHASILAN

Lebih Potong Pajak karena TER, SPT Tahunan Pegawai Bakal Tetap Nihil

Rabu, 24 April 2024 | 14:05 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Setelah THR, Pegawai Terima Bonus Siap-Siap Kena Pajak Lebih Tinggi

Rabu, 24 April 2024 | 11:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Syarat Daftar Kerja Pakai NPWP 15 Digit atau 16 Digit? Begini Kata DJP

BERITA PILIHAN