KEBIJAKAN PEMERINTAH

Kejar Pertumbuhan Ekonomi 8%, Rosan: Investasi Harus Ditingkatkan

Muhamad Wildan
Minggu, 13 Oktober 2024 | 14.30 WIB
Kejar Pertumbuhan Ekonomi 8%, Rosan: Investasi Harus Ditingkatkan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (kiri) berjalan dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani (kanan) di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (13/09/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

JAKARTA, DDTCNews - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai peningkatan investasi yang berorientasi ekspor masih diperlukan agar ekonomi nasional bisa tumbuh sebesar 8%.

Saat ini, kontribusi investasi terhadap PDB masih sekitar 24% hingga 25%, di bawah konsumsi rumah tangga yang kontribusinya terhadap PDB mencapai 54%.

"Dulu konsumsi kita bisa 57% hingga 58%, investasi bisa mencapai 30% atau lebih. Sekarang hanya 24% hingga 25%," kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani, dikutip pada Minggu (13/10/2024).

Rosan mengatakan saat ini proporsi investasi terhadap PDB masih harus ditingkatkan, utamanya investasi pada sektor strategis seperti energi bersih dan manufaktur kendaraan listrik.

"Kami ingin investasi yang berorientasi ekspor dan dilakukan secara berkelanjutan. Itu tema yang akan kami usung ke depannya. Karena permintaan global mengarah ke sana, bahwa kita semua harus melakukan ini secara berkelanjutan," ujarnya.

Untuk mendorong investasi pada energi bersih, Indonesia perlu membangun kawasan industri khusus yang menggunakan energi bersih. Menurutnya, pasar saat ini menuntut adanya industri hijau, terutama yang berfokus pada dekarbonisasi.

"Kalau kita bicara menarik investasi di sektor EV manufacturing, EV car, dan EV battery, mereka juga menuntut sumber energi yang digunakan berasal dari energi bersih. Kenapa? Supaya sesuai dengan visi mereka," tutur Rosan.

Rosan juga menyampaikan rencana pemerintah untuk mempercepat pembangunan kawasan industri berbasis energi bersih di Indonesia. Menurutnya, investasi di sektor tersebut sudah umum dilakukan oleh investor dari negara maju.

"Saya baru dari Singapura, bertemu dengan perusahaan Sembcorp. Mereka telah berinvestasi di 13 kawasan industri hijau di Vietnam, dan akhir tahun ini akan bertambah menjadi 18," katanya. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.