KANADA

Negara Ini Perkenalkan 'Pajak Rumah Kosong'

Redaksi DDTCNews
Minggu, 13 November 2016 | 12.50 WIB
Negara Ini Perkenalkan 'Pajak Rumah Kosong'

VANCOUVER, DDTCNews - Pemerintah Kota Vancouver akan memberlakukan tarif pajak bumi dan bangunan (PBB) atas rumah-rumah kosong atau 'pajak rumah kosong' sebesar 1% Januari 2017 nanti. Bahkan, lahan kosong pun juga akan dikenakan pajak ini.

Walikota Vancouver Gregor Robertson mengatakan pajak ini akan dikenakan atas tanah atau bangunan yang tidak dihuni lebih dari 6 bulan oleh pemiliknya atau pengelolanya, secara prinsip lahan tersebut tidak diperuntukkan untuk hunian jangka panjang (non-principal residences).

"Untuk hunian jangka panjang (principal residences), tidak akan dikenakan pajak ini. Kami juga akan berikan pengecualian untuk rumah yang disewa dalam jangka panjang," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Selain itu, pengecualian 'pajak rumah kosong' ini juga akan diberikan untuk bangunan yang dalam renovasi besar-besaran, atau terdaftar di bawah tujuan medis.

Gregor mengungkankan, saat ini di Vancouver sedang mengalami 'krisis rumah sewa'. Ada sekitar 200.000 tanah dan bangunan kosong, karena banyak pengelola yang menyewakan lahan tersebut. Pemerintah tak akan tinggal diam melihat keadaan ini.

"Seharusnya lahan-lahan ini dihuni oleh pemiliknya (pengelola), digunakan pertama kali untuk dihuni. Lalu, baru diinvestasikan," katanya. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.