PRAKARSA AWARD 2019

Dinilai Konsisten Jalankan Literasi Perpajakan, DDTC Dapat Penghargaan

Redaksi DDTCNews | Selasa, 17 September 2019 | 12:57 WIB
Dinilai Konsisten Jalankan Literasi Perpajakan, DDTC Dapat Penghargaan

Pemberian PRAKARSA Award oleh Senior Researcher Perkumpulan PRAKARSA Setyo Budiantoro kepada Managing Partner DDTC Darussalam. 

JAKARTA, DDTCNews – Atas konsistensinya melakukan kegiatan pengarusutamaan dan literasi publik tentang isu perpajakan, DDTC mendapat penghargaan PRAKARSA Award 2019. Penghargaan diberikan bertepatan dengan peringatan 15 tahun Perkumpulan PRAKARSA.

DDTC menjadi satu-satunya penerima PRAKARSA Award 2019 untuk kategori organisasi. DDTC dinilai telah berkontribusi dalam mengembangkan kolaborasi dengan masyarakat sipil dalam kegiatan pelatihan dan kajian pajak di Indonesia.

“Apresiasi diberikan kepada DDTC karena banyak kontribusi yang diberikan dan juga untuk berbagi pengetahuan kepada aktor lain dalam isu perpajakan,” ujar Direktur Eksekutif Perkumpulan PRAKARSA Ah Maftuchan, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga:
Tidak Semua Rumah Bebas PPN! Cek Syarat & Ketentuannya di Sini

Dalam sambutannya seusai menerima langsung penghargaan tersebut, Managing Partner DDTC Darussalam mengatakan apresiasi yang diberikan kepada intitusinya merupakan pemantik munculnya kajian berbasis ilmu pengetahuan terkait perpajakan.

Pasalnya, selama ini kajian akademis terkait bidang perpajakan relatif tidak banyak. Padahal, sektor perpajakan merupakan tulang punggung pendapatan negara. Kinerja sektor perpajakan akan memengaruhi bagaimana kapasitas negara dalam membiayai pembangunan.

Pertama, tentu selamat ulang tahun untuk Perkumpulan PRAKARSA. Kedua, apresiasi dari kami untuk PRAKARSA yang berani menyentuh di bidang perpajakan. Penerimaan perpajakan merupakan penyumbang utama pendapatan negara tapi sepi telaah ilmiah, sepi review. Dengan masuknya PRAKARSA membuat gairah baru terkait isu-isu perpajakan,” ungkapnya.

Baca Juga:
Impor Buku Ini Bisa Bebas PPN dan Bea Masuk, Begini Panduannya

Seperti diketahui, DDTC memiliki visi sebagai institusi pajak berbasis riset dan ilmu pengetahuan yang terus menetapkan standar tinggi dan berkelanjutan. Salah satu misi DDTC adalah menghilangkan informasi asimetris di dalam masyarakat pajak Indonesia.

Selain itu, DDTC juga memiliki visi untuk memengaruhi dan berkontribusi dalam proses perumusan kebijakan pajak demi menjamin transformasi sistem pajak yang seimbang yang memenuhi pemangku kepentingan.

Selain DDTC, PRAKARSA Award 2019 juga diberikan kepada tiga tokoh dalam kategori perorangan. Penghargaan diberikan kepada (Alm) Bagus Giripurwo yang dinilai telah mendorong pendekatan riset aksi dalam dunia akademi saat menjadi pengajar di Universitas Bengkulu.

Baca Juga:
Perlakuan PPN atas Barang Kebutuhan Pokok, Baca Panduannya di Sini

Penghargaan kedua juga diberikan kepada Zumrotin K. Susilo yang telah berkerja untuk isu-isu sosial sejak 1980-an. Apresiasi diberikan karena dinilai konsisten melakukan kerja advokasi kebijakan dalam perlindungan perempuan dan anak.

Kemudian, penghargaan ketiga diberikan kepada Hasbullah Thabrany yang secara konsisten berkontribusi pada advokasi kebijakan jaminan sosial kesehatan. Selain itu, apresiasi diberikan karena secara konsisten melakukan pengembangan pendekatan kolaboratif multi pihak dalam advokasi kebijakan kesehatan nasional. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 19 Maret 2024 | 09:30 WIB LITERATUR PAJAK

Tidak Semua Rumah Bebas PPN! Cek Syarat & Ketentuannya di Sini

Kamis, 14 Maret 2024 | 16:07 WIB KANWIL DJP NUSRA

DJP Nusa Tenggara Teken Pembentukan Tax Center dengan UIN Mataram

Kamis, 14 Maret 2024 | 10:30 WIB LITERATUR PAJAK

Impor Buku Ini Bisa Bebas PPN dan Bea Masuk, Begini Panduannya

Kamis, 14 Maret 2024 | 09:00 WIB LITERATUR PAJAK

Perlakuan PPN atas Barang Kebutuhan Pokok, Baca Panduannya di Sini

BERITA PILIHAN
Selasa, 19 Maret 2024 | 13:33 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Pajak atas Penyediaan Jaringan Listrik dan Air

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Sebabkan Inflasi, Mendagri Minta Maskapai Turunkan Harga Tiket Pesawat

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:30 WIB KOTA YOGYAKARTA

Ringankan Beban WP, Pemkot Jogja Beri Pemutihan Denda dan Diskon PBB

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:21 WIB PENERIMAAN PAJAK

Turun 3,9 Persen, Realisasi Penerimaan Pajak Tembus Rp269 Triliun

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:15 WIB KINERJA FISKAL

APBN Catatkan Surplus Rp 22,8 Triliun hingga 15 Maret 2024

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perubahan Skema Penghitungan PPh Pasal 21 bagi Pegawai Tetap

Selasa, 19 Maret 2024 | 11:11 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Menteri Investasi Bahlil: Smelter NPI Tak Lagi Dapat Tax Holiday

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Buka Layanan Pajak Luar Kantor di 1.426 Titik, Cek Jadwalnya