AMERIKA SERIKAT

'Tax The Rich' Gegerkan Met Gala dan Dunia, Apa Maknanya?

Redaksi DDTCNews | Jumat, 17 September 2021 | 14:49 WIB
'Tax The Rich' Gegerkan Met Gala dan Dunia, Apa Maknanya?

AOC dengan gaun 'Tax the Rich'. (instagram pribadi)

NEW YORK, DDTCNews – Met Gala, pesta mode bagi kaum berduit, yang digelar di The Metropolitan Museum of Art, New York, AS, pada Senin (13/9/2021) lalu sukses menarik atensi publik.

Tak cuma deretan nama besar di industri perfilman dan musik Amerika Serikat saja yang jadi magnet acara tersebut. Tetapi tentu saja, kostum yang mereka kenakanlah yang justru bikin geger.

Salah satu yang paling eksentrik adalah gaun yang dikenakan Alexandria Ocasio Cortez, anggota Kongres Partai Demokrat yang baru pertama kali muncul di gelaran Met Gala. AOC, panggilan Alexandria, mengenakan gaun putih karya Aurora James, seorang imigran asal Toronto, Kanada.

Baca Juga:
Dapat 10.000 Pegawai Pajak Baru, IRS Optimistis Persoalan SPT Tuntas

Gaun putih yang dikenakan AOC bertuliskan slogan dengan makna yang cukup keras: Tax the Rich, seruan untuk memajaki kaum kaya. Kalimat itu ditulis dengan tinta merah, begitu kontras dengan gaun putih yang ia kenakan.

Pesan inti praktis menarik perhatian karena Met Gala sendiri dihadiri orang-orang kaya: selebritas hingga politikus.

"Menurut saya selain fashion, Met Gala juga bertujuan untuk menyampaikan pesan. Kami ingin menyampaikan pesan yang dapat diterima dengan sebaik mungkin," jelas Aurora James dalam wawancaranya bersama The New York Times, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga:
Pajak Atas Unrealized Gains Bakal Tambah Penerimaan Hingga Rp8.000 T

Perlu diketahui bahwa tema Met Gala tahun ini adalah 'In America: A Lexicon of Fashion'. Aurora mengaku bahwa ide tentang gaun 'Tax the Rich' tidak direncanakan sejak awal. Ide tersebut muncul setelah melihat latar belakang budaya dari Alexandria.

Menurut pengakuan AOC sendiri, kehadirannya di Met Gala tak sekadar ingin pamer gaun cantik nan mahal. Baginya, Met Gala adalah tantangan bagi seorang perempuan seperti dirinya untuk bisa menyampaikan pesan yang kuat.

Melalui pesan di unggahan media sosialnya, AOC menulis bahwa gaun yang ia pakai adalah media penyampai pesan

Baca Juga:
Elon Musk Akhirnya Jual Rp71 Triliun Saham untuk Bayar Pajak

"Saatnya sekarang untuk pengasuhan anak, perawatan kesehatan, dan aksi iklim untuk semua. Pajaki Orang Kaya," tulis AOC.

Dengan akses yang dimilikinya untuk dapat berbincang dengan para orang kaya, gaun yang dikenakan AOC membuka diskusi baru. Dia bertekad membuka isu tersebut secara langsung dengan golongan satu persen orang-orang teratas di Amerika. AOC mendorong sistem pajak yang lebih adil, dengan manfaat yang dirasakan langsung oleh kelompok ekonomi lemah di AS.

"Ini adalah cara yang sangat pintar untuk menyampaikan pesan secara langsung kepada orang-orang yang memang perlu mengetahuinnya," imbuh Aurora. (tradiva sandriana/sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Minggu, 27 Maret 2022 | 15:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Dapat 10.000 Pegawai Pajak Baru, IRS Optimistis Persoalan SPT Tuntas

Sabtu, 13 November 2021 | 12:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Pajak Atas Unrealized Gains Bakal Tambah Penerimaan Hingga Rp8.000 T

Kamis, 11 November 2021 | 16:30 WIB AMERIKA SERIKAT

Elon Musk Akhirnya Jual Rp71 Triliun Saham untuk Bayar Pajak

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Elon Musk Bersuara Soal Skema Pajak 'Unrealized Gains' bagi Miliarder

BERITA PILIHAN