INGGRIS

Sambutan Dingin di KTT Uni Eropa

Redaksi DDTCNews | Rabu, 29 Juni 2016 | 13:32 WIB
Sambutan Dingin di KTT Uni Eropa

BRUSSELS, DDTCNews – Selepas hasil referendum Brexit pada pekan lalu, Perdana Menteri Inggris David Cameron menyatakan keinginannya agar Inggris dapat mempertahankan ‘kedekatannya’ dengan Uni Eropa pasca Brexit. Tapi para pimpinan Uni Eropa merasa tidak sependapat dan menyatakan tidak bersedia memberikan perlakuan khusus bagi Inggris.

Sebagaimana pertemuan ke-28 anggota di konfrensi tingkat tinggi (KTT) di Brussel pada dua hari kemarin, Perdana Menteri Jerman, Angela Merkel memperingatkan bahwa Cameron tidak bisa meminta perlakuan istimewa untuk Inggris.

“Siapa pun yang meninggalkan keluarga Uni Eropa tidak bisa berharap mendapat perlakuan istimewa sementara semua kewajibannya hilang,” ucap Merkel kepada parlemen Jerman sebelum dirinya berangkat ke Brussels.

Baca Juga:
Inggris Beri Insentif PPN untuk Produk Rumah Tangga yang Disumbangkan

KTT Uni Eropa ini diadakan di tengah kemarahan yang mendalam dari ke-27 pemimpin Eropa lainnya terkait dua keputusan Cameron, yakni pertama untuk melakukan referendum Brexit dan kedua penanganan Cameron atas kampanye itu. Kemarahan ini juga diperparah karena adanya kecurigaan bahwa kepergian Inggris akan meningkatkan tingkat Euro-skeptis bagi negara Uni Eropa lainnya.

Lengsernya Cameron akan segera digantikan oleh perdana menteri baru, setidaknya pada 9 September mendatang. Selama masa yang berkecamuk di parlemen Eropa kemarin, Nigel Farage, pemimpin anti-Uni Eropa dari Partai Kemerdekaan Inggris mengatakan dirinya berbahagia atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

“Ketika saya datang 17 tahun yang lalu, saya bilang akan memimpin kampanye agar Inggris meninggalkan Uni Eropa. Saat itu semua orang mentertawakan. Tapi lihat apa yang terjadi sekarang,” ungkapnya pada media.

Baca Juga:
Inggris Lanjutkan Pengenaan Windfall Tax Migas Hingga 2029

Farage menambahkan Uni Eropa saat ini masih saja menyangkal akan kegagalan mereka. Keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa meninggalkan ke-27 anggota yang tersisa untuk mencari cara untuk mencegah negara lain mengikuti jejak Inggris.

Sementara itu, seperti dikutip The Straits Times, Standar & Poor memangkas peringkat triple-A dari kredit Inggris sebanyak dua notches dengan outlook negatif jangka panjang. Sementara Fitch memangkas ratingnya dari AA+ menjadi AA dengan outlook negatif. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak