PRANCIS

Pajak Digital Segera Diterapkan, Prancis Curi Start?

Redaksi DDTCNews | Selasa, 19 Mei 2020 | 14:46 WIB
Pajak Digital Segera Diterapkan, Prancis Curi Start?

Ilustrasi.

PARIS, DDTCNews—Pemerintah Prancis akan memulai memajaki penghasilan raksasa digital seperti Google dan Facebook meski kesepakatan global perihal pajak digital belum tercapai.

Menteri Keuangan Bruno Le Maire mengatakan tidak ingin berlama-lama menanti konsensus global yang saat ini tengah disusun OECD untuk mulai memajaki penghasilan perusahaan raksasa digital seperti Google dan Facebook.

Menurut Le Maire, pandemi virus Corona atau Covid-19 membuat Negeri Mode tersebut harus bergerak cepat untuk mendapatkan sumber penerimaan baru ke kas negara, sekaligus membiayai penanganan dampak akibat pandemi.

Baca Juga:
Anggota DPR Ini Usul Insentif Pajak untuk Warga yang Adopsi Hewan Liar

“Pajak digital kini lebih diperlukan dan kami punya legitimasi untuk melakukan itu pada saat ini,” katanya dikutip Selasa (19/5/2020).

Prancis sebetulnya sudah mengajukan rencana pengenaan pajak digital pada Desember 2018. Kala itu, pemerintah memutuskan untuk mengenakan pajak penjualan sebesar 3% atas penghasilan Google di Prancis.

Namun kebijakan tersebut urung dilakukan karena mendapat retaliasi dari Amerika Serikat yang mengancam menerapkan tarif tambahan untuk ekspor komoditas Prancis yang masuk ke pasar domestik AS.

Baca Juga:
Jika Batalkan 2 Pilar OECD, UN Tax Convention Tak Akan Disahkan Eropa

Namun komitmen memajaki entitas ekonomi digital tersebut tetap kuat. Apalagi dengan kehadiran pandemi Covid-19 belakangan ini yang menggerus perekonomian, termasuk penerimaan negara.

“Apa yang tengah kami usulkan dengan penundaan ialah untuk menunjukkan niat baik kami melakukan penundaan pembayaran pajak,” ungkapnya dilansir Apple Insider.

Prancis merupakan salah satu negara yang getol untuk bisa menarik pajak dari perusahaan digital yang beroperasi di negaranya. Ini juga dilakukan untuk meminimalisir praktik penghindaran pajak yang kerap dilakukan perusahaan digital.

Untuk diketahui, perusahaan digital saat ini ramai mendapat kecaman dari mayoritas negara Uni Eropa karena mengalirkan dana ke negara dengan tarif pajak rendah untuk menekan jumlah kewajiban pembayaran pajak. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 08:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Punya Reksadana dan Saham, Gimana Isi Harga Perolehan di SPT Tahunan?

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cashback Jadi Objek Pajak Penghasilan? Begini Ketentuannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:47 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:31 WIB PENGAWASAN PAJAK

Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:42 WIB PELAPORAN SPT TAHUNAN

Mau Pembetulan SPT Menyangkut Harta 5 Tahun Terakhir, Apakah Bisa?