RUSIA

Negosiasi Ulang P3B Digencarkan, Pemerintah Sasar Yurisdiksi Transit

Redaksi DDTCNews | Senin, 23 Agustus 2021 | 15:57 WIB
Negosiasi Ulang  P3B Digencarkan, Pemerintah Sasar Yurisdiksi Transit

Ilustrasi P3B

MOSCOW, DDTCNews - Pemerintah Rusia tengah gencar melakukan negosiasi ulang perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B) dengan negara mitra.

Direktur Kerja Sama Ekonomi Kementerian Luar Negeri Rusia Dmitry Birichevsky mengatakan pihaknya memiliki kriteria khusus dalam agenda perombakan P3B. Prioritas revisi P3B berlaku untuk negara yang masuk kategori yurisdiksi transit.

Rezim perpajakan untuk yurisdiksi transit melekat pada negara dengan ketentuan PPh badan yang ramah terhadap investasi luar negeri. Proses negosiasi ulang dikawal langsung oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri Rusia.

Baca Juga:
Pilar 1 Tak Kunjung Dilaksanakan, Kanada Bersiap Kenakan Pajak Digital

"Kami sedang melakukan negosiasi dengan sejumlah negara. Kemenkeu Rusia terlibat langsung dalam upaya ini," katanya dikutip pada Senin (23/8/2021).

Birichevsky menjelaskan sejumlah negara sedang dalam penjajakan proses negosiasi P3B adalah Swiss, Hong Kong, dan Singapura. Dia memaparkan proses negosiasi pada daftar negara prioritas mencakup mayoritas yurisdiksi transit secara global.

Upaya negosiasi merupakan salah satu cara Pemerintah Rusia mengubah P3B. Negosiasi lebih tegas pernah dilakukan bersama Belanda dengan terminasi P3B pada Maret 2020.

Baca Juga:
Tingkatkan Kesadaran Pajak, Uni Emirat Arab Terbitkan Taxpayer Charter

Kepentingan Rusia dalam proses negosiasi P3B adalah membuat pembayaran dividen dan bunga ke rekening di luar negeri dikenakan pajak final 15%. Agenda politik tersebut membuat pemerintah melancarkan ajakan negosiasi P3B dengan sejumlah negara.

"Seperti yang presiden [Putin] katakan, Rusia akan secara sepihak menarik diri dari kesepakatan jika negara mitra tidak menerima tawaran itu [mengubah ketentuan pajak atas dividen dan bunga]," terang Birichevsky.

Hingga pertengahan tahun ini P3B dengan sejumlah negara mitra berhasil diubah seperti Siprus, Malta, dan Luksemburg. Sementara itu, Pemerintah Belanda telah menerima notifikasi dari Kremlin terkait dengan terminasi P3B Rusia-Belanda.

"Berdasarkan proyeksi para ahli, negosiasi P3B akan mencakup sekitar 90% dari apa yang kami sebut sebagai yurisdiksi transit," imbuhnya seperti dilansir urdupoint.com. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 20 April 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Dorong Pertumbuhan Ekonomi 2025, Insentif Ini Disiapkan untuk Investor

Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam