AMERIKA SERIKAT

Mulai Hari Ini, Pajak Bensin & Solar Naik

Redaksi DDTCNews | Senin, 01 Juli 2019 | 10:18 WIB
Mulai Hari Ini, Pajak Bensin & Solar Naik

Ilustrasi. (foto: dc.medill.northwestern.edu)

JAKARTA, DDTCNews – Mulai hari ini, Senin (1/7/2019), pajak atas bensin dan solar di Ohio Amerika Serikat (AS) resmi naik. Besaran pajak untuk bensin menjadi 38,5 sen per galon, sedangkan pajak untuk solar menjadi 47 sen per galon.

Kenaikan tarif pajak 10,5 sen per galon (bensin) dan 19 sen per galon (solar) ini berlaku setelah anggaran transportasi – yang termasuk di dalamnya adalah tarif baru pajak bahan bakar – disetujui oleh anggota Parlemen.

“Kenaikan itu diperlukan untuk membayar proyek pembangunan jalan,” kata Gubernur Mike DeWine, seperti dikutip pada Senin (1/7/2019).

Baca Juga:
Bentuk UN Tax Convention, G-7 Ungkap Pentingnya Konsensus dalam Pajak

Adapun penandatanganan anggaran transportasi sudah dilakukan pada April oleh Mike. Seorang juru bicara Ohio AAA Kimberly Schwind mengatakan perawatan jalan sangat penting sehingga peningkatan pajak menjadi langkah yang tepat.

“Akan lebih mahal dalam jangka panjang jika kita tidak mempertahankan jalan kita. Ban kempes dan kerusakan suspensi yang disebabkan oleh jalan yang tidak dirawat dengan baik, misalnya, dapat membebani pengemudi jauh lebih banyak daripada kenaikan pajak,” katanya.

Selain pajak atas bahan bakar, tiap pengemudi di Ohio juga harus membayar pajak atas cukai federal sebesar 18,4 sen. Dengan demikian, jika tarif baru pajak bahan bakar dikombinasikan dengan pajak federal, tiap pengemudi akan membayar 56,9 sen per galon bensin dan 71,4 sen per galon solar.

Baca Juga:
Lapor SPT Tahunan, Biden Bayar Pajak Rp 2,37 Miliar pada 2023

Adapaun, tiap Satu sen pajak bahan bakar motor akan menaikkan penerimaan senilai US$66 juta (sekitar Rp930,2 miliar) per tahun bagi pemerintah negara bagian dan lokal. Penerimaan itu untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan, jalan raya, dan jembatan serta beberapa konstruksi baru yang besar.

Direktur Eksekutif Asosiasi Truk Ohio Thomas A. Balzer mengatakan asosiasinya tidak menentang peningkatan pajak bahan bakar ini. Dia beralasan pajak bahan bakar yang menjadi preferensi asosiasi dibandingkan dengan sumber pendanaan lainnya.

“Jika kita akan membayar untuk perbaikan di jalan, yang merupakan tempat kerja kita, untuk membuatnya lebih aman dan lebih baik, ini adalah metode yang kami pilih,” kataya, seperti dilansir wtrf.

Baca Juga:
Operator Kasino Malaysia Tawarkan Kenaikan Pajak Hampir 2 Kali Lipat

Meskipun ada kenaikan pajak, sambungnya, harga bahan bakar tidak harus dikerek signifikan. Hal ini dikarenakan sekitar 60% harga minya dibentuk dari fluktuasi harga komoditas global. Dengan demikian, kenaikan pajak tidak memainkan porsi besar dalam menentukan harga di level konsumen.

Apalagi, pasokan minyak mentah diperkirakan cukup dan tidak ada gangguan global. Dengan demikian, harga minyak seharusnya stabil musim panas ini. Pada pertengahan pekan lalu, harga rata-rata bahan bakar secara nasional adalah US$ 2,684 per galon. (MG-nor/kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak