KOLOMBIA

Menaikkan Pajak Demi Biaya Perang

Redaksi DDTCNews | Senin, 27 Juni 2016 | 08:49 WIB
Menaikkan Pajak Demi Biaya Perang

BOGOTA, DDTCNews – Pemerintah Kolombia akan menaikkan pajaknya guna mendanai konflik yang terjadi dengan pemberontak sayap kiri Marxis, jika kesepakatan perdamaian yang diupayakan gagal ditempuh.

Presiden Juan Manuel Santos mengatakan negosiasi dengan Revolutionary Armed Forces of Colombia (FARC) yang menjadi pemberontak sayap kiri ini harus segera diselesaikan sebelum 20 Juli 2016. Namun, ia dikritik oleh figur-figur oposisi sayap kanan di negaranya karena rencana kenaikan pajak tersebut.

"Kita akan mengumpulkan pajak untuk perdamaian perang, tapi sebaliknya, jika perang terus berlanjut, kita akan meningkatkan pajak untuk membiayainya, karena biaya perang lebih mahal," ujar Santos dalam penyataannya di televisi publik.

Baca Juga:
Menkeu Ini Dorong Negosiasi Lanjutan atas 2 Pilar Konsensus Pajak

Sejak akhir 2012, Pemerintah telah beberapa kali menghadiri pembicaraan di Kuba dengan FARC. Dua pihak tersebut belum juga mencapai persetujuan mengenai gencatan senjata bilateral atau implementasi dari sebuah perjanjian yang selama ini telah dibicarakan.

"Saya pikir sebelum 20 Juli kita sudah sudah harus dapat menutup negosiasi di Havan dan dari sana sebuah era baru untuk negara ini akan dimulai," Santos mengatakan dalam sebuah rapat Kabinet.

Para negosiator tidak dapat memenuhi deadline yang ditentukan untuk menandatangani sebuah perjanjian dengan Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia di bulan Maret. Kritik keras terhadap Santos juga kerap kali dilayangkan selama seminggu terakhir ini karena komentar-komentarnya tentang referendum yang telah ia janjikan.

Baca Juga:
Reformasi Pajak Migas, Otoritas Ini Incar Tambahan Penerimaan Rp20 T

Dilain pihak, oposisi sayap kanan yang dipimpin oleh mantan Presiden Alvaro Uribe, yang sekarang adalah seorang senator, menyerukan warga untuk berpartisipasi dalam 'perlawanan sipil' terhadap proses perdamaian, yang katanya akan memberikan pemberontak impunitas atas pelanggaran hak asasi manusia.

Uribe memberitahu para jurnalis bahwa isu kenaikan pajak tersebut merupakan “tindakan intimidasi” yang bertujuan menakuti para penduduk Kolombia untuk memilih perjanjian damai dalam referendum yang akan datang.

Adanya undang-undang reformasi pajak, seperti dilansir dari thestar.com, dianggap vital karena dapat mengatasi pendapatan minyak yang menurun tajam telah menganggu pendapatan nasional. Oleh karena itu, isu kenaikan pajak akan disetujui oleh konggres sebelum akhir tahun. “Jika perjanjian damai ditetapkan maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 2%,” tandas Santos. (Amu)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi