AMERIKA SERIKAT

Kredit Pajak Bagi WP yang Punya Tanggungan Anak Bakal Direlaksasi

Muhamad Wildan | Senin, 08 Februari 2021 | 12:00 WIB
Kredit Pajak Bagi WP yang Punya Tanggungan Anak Bakal Direlaksasi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani perintah eksekutif di Ruang Oval Gedung Putih setelah pelantikannya sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46, di Washington, Amerika Serikat, Rabu (20/1/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner/hp/cfo

WASHINGTON D.C., DDTCNews – Anggota Kongres AS dari Partai Demokrat dikabarkan tengah menyusun rancangan beleid terkait dengan pemberian kredit pajak bagi wajib pajak yang memiliki tanggungan anak.

Dalam rancangan Child Tax Credit Bill ini, wajib pajak yang memiliki tanggungan anak berusia di bawah 6 tahun bisa mendapatkan kredit pajak hingga US$300 per bulan. Untuk anak berusia 6 hingga 17 tahun, wajib pajak bisa mendapatkan kredit pajak senilai US$250 per bulan.

"Beleid ini hanya akan berlaku selama setahun. Meski demikian, terdapat anggota Kongres AS yang ingin agar fasilitas ini berlaku secara permanen," ujar seorang sumber dari Partai Demokrat yang diberitakan oleh cnn.com, dikutip Senin (8/2/2021).

Baca Juga:
Pilar 1 Tak Kunjung Dilaksanakan, Kanada Bersiap Kenakan Pajak Digital

Pada awalnya, kebijakan ini adalah bagian dari stimulus ekonomi senilai US$1,9 triliun yang diusung oleh Presiden AS Joe Biden sejak kampanye lalu. Namun demikian, hanya wajib pajak yang memiliki penghasilan rumah tangga di bawah threshold tertentu saja yang bisa menikmati fasilitas ini.

Pada perkembangan terbaru, fasilitas tersebut bisa dinikmati oleh wajib pajak tidak kawin dengan penghasilan hingga US$75.000 per tahun atau wajib pajak kawin dengan penghasilan gabungan sebesar US$150.000 per tahun.

Committee for a Responsible Federal Budget memperkirakan beban anggaran yang timbul akibat kebijakan ini bisa mencapai US$120 miliar atau setara dengan Rp1.681 triliun.

Baca Juga:
Inggris Beri Insentif PPN untuk Produk Rumah Tangga yang Disumbangkan

Selain memperluas child tax credit, Biden memiliki rencana untuk memperluas earned income tax credit bagi pekerja berpenghasilan rendah, pemberian stimulus sneilai US$1.400, dan kebijakan-kebijakan lain dalam American Rescue Plan.

"American Rescue Plan akan menyelamatkan 12 juta warga negara AS dan 5 juta anak dari kemiskinan," ujar Biden ketika menandatangani executive order pada akhir Januari 2021.

Namun perlu dicatat, tak menutup kemungkinan stimulus yang diusung Biden bakal dihambat oleh anggota Partai Republik di Senat AS. Anggota Partai Demokrat di Senat AS pun telah menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi tantangan di parlemen tersebut. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M