ANEKDOT AKUNTAN

Dua Tambah Dua

Redaksi DDTCNews | Jumat, 19 Juli 2019 | 11:53 WIB
Dua Tambah Dua

Ilustrasi. (baranq/Shutterstock)

SEORANG bos pemilik pabrik besar sedang pusing mencari seorang manajer. Ia membutuhkan manajer baru untuk divisi yang menentukan hidup matinya perusahaan, divisi keuangan. Manajer yang lama ia pecat karena tidak memahami kondisi perusahaan.

Namun, sampai di hari wawancara kerja, bos ini tidak menanyakan pemahaman para pelamarnya mengenai kondisi perusahaan. Sebagai gantinya, ia hanya bertanya satu hal. Satu pertanyaan simpel: “Berapa dua tambah dua?”

Pelamar pertama yang diwawancarainya adalah seorang wartawan ekonomi. Wartawan ini terhitung senior karena sudah banyak meliput agenda bisnis di luar negeri. Pelamar ini menjawab pertanyaan itu dengan cepat. “Dua puluh dua,” katanya yakin.

Baca Juga:
Play: Cara Praktisi Pajak Memelihara Kreativitas Tetap Profesional

Pelamar kedua yang diwawancarainya adalah seorang pekerja sosial yang menyukai matematika. Ia ternyata bisa menjawab dengan tangkas. “Saya tidak tahu jawabannya, tetapi saya sangat senang punya banyak kesempatan untuk membahasnya,” katanya.

Pelamar ketiga adalah seorang insinyur sipil yang pernah belajar ekonomi. Mendapatkan pertanyaan yang mengagetkan itu, ia pun segera mengeluarkan mistar gesernya, melihatnya cermat, lalu berkata. “Di suatu tempat antara 3,999 dan 4,001,” katanya.

Berikutnya seorang pengacara pajak yang mulai tertarik belajar keuangan. Awalnya ia berputar-putar menjelaskan banyak hal. Namun, akhirnya ia sampai pada kesimpulan. “Dalam kasus kami melawan Ditjen Pajak waktu itu, dua tambah dua terbukti empat.”

Baca Juga:
Insentif Tak Terduga dari Berani Mencoba

Pelamar terakhir adalah seorang akuntan. Ketika pertanyaan seperti itu dilempar kepadanya, ia langsung bangkit dari kursi, pergi ke pintu, menutupnya, lalu kembali duduk. “Berapa yang Anda inginkan?” katanya dengan suara rendah.

“Selamat, Anda diterima!” kata bos itu dengan gembira. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 02 Oktober 2023 | 09:07 WIB DDTC ACADEMY - SEMINAR

Play: Cara Praktisi Pajak Memelihara Kreativitas Tetap Profesional

Senin, 04 September 2023 | 17:11 WIB DDTC ACADEMY - EXCLUSIVE SEMINAR

Insentif Tak Terduga dari Berani Mencoba

Kamis, 22 Juni 2023 | 14:33 WIB DDTC ACADEMY - EXCLUSIVE WEBINAR

Praktisi Pajak Berhak Punya Mental Tangguh

Kamis, 15 Juni 2023 | 09:05 WIB DDTC ACADEMY

Makin Mendesak, Penguasaan Critical Thinking di Bidang Pajak

BERITA PILIHAN