LOKAKARYA PERPAJAKAN INTERNASIONAL

DJP & IBFD Bertemu di Makassar, Apa yang Dibahas?

Awwaliatul Mukarromah | Rabu, 31 Oktober 2018 | 15:10 WIB
DJP & IBFD Bertemu di Makassar, Apa yang Dibahas?

Perwakilan DJP dan IBFD berfoto bersama dalam lokakarya perpajakan internasional pada 21-26 Oktober 2018 di Hotel The Rinra, Makassar.

MAKASSAR, DDTCNews – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui Direktorat Perpajakan International bekerja sama dengan International Bureau of Fiscal Documentation (IBFD) mengadakan lokakarya bertajuk “Joint DGT-IBFD Workshop on International Corporate Tax Planning”. Acara ini diselenggarakan pada 21-26 Oktober 2018 di Hotel The Rinra, Makassar.

IBFD adalah salah satu lembaga riset perpajakan bergengsi di dunia dan dikenal karena hasil risetnya yang sudah mengglobal dan menjadi rujukan oleh hampir seluruh otoritas pajak di dunia. IBFD juga dikenal karena memiliki periset kelas dunia dan menjadi instruktur serta pengajar pada forum perpajakan internasional maupun perguruan tinggi ternama di Belanda.

Lokakarya ini diikuti oleh 57 pegawai DJP dari berbagai fungsi seperti account representative (AR), penelaah keberatan, pemeriksa pajak, penyidik pajak dan perwakilan dari direktorat terkait di lingkungan DJP. Pegawai yang hadir umumnya bertugas dalam menangani isu perpajakan internasional.

Baca Juga:
Besok Siang, Telepon dan Live Chat Kring Pajak Dihentikan Sementara

Adapun pemateri yang hadir dalam lokakarya ini antara lain Paul de Haan, Premkumar Baldewsing dan Jan van Koningsveld. Ketiganya merupakan ahli perpajakan internasional dari IBFD, khususnya terkait isu penghindaran pajak oleh perusahaan multinasional.

Topik yang dipaparkan oleh ketiga ahli perpajakan dari IBFD tersebut mencakup basic tax planning concepts, international tax governance and anti-abuse approaches, offshore structures, permanent establishment dan audit summary.

Lokakarya dibuka oleh Direktur Perpajakan International John L. Hutagaol dengan mempresentasikan perkembangan terbaru lanskap perpajakan internasional. Dalam paparannya, John menjelaskan bagaimana perkembangan era globalisasi dan digitasi yang pesat telah mengubah kebijakan perpajakan di dunia.

Baca Juga:
DJP Sebut Tiap Perusahaan Bebas Susun Skema Pemberian THR dan Bonus

"Oleh sebab itu, sangat penting bagi petugas pajak untuk selalu memutakhirkan pengetahuannya guna mengimbangi skema penghindaran pajak yang juga semakin canggih," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima DDTCNews, Rabu (31/10).

John menjelaskan lokakarya ini diadakan sebagai salah satu sarana yang membantu petugas pajak untuk mengetahui perkembangan isu perpajakan internasional terkini. Selain itu, dia berharap agar lokakarya ini dapat menjadi media bertukar pikiran dan pengalaman serta menjadi solusi alternatif atas permasalahan terkait perpajakan internasional yang dijumpai petugas pajak di lapangan.

"Dengan mutakhirnya pengetahuan petugas pajak di bidang perpajakan internasional, niscaya kepastian hukum yang menjadi dambaan pelaku bisnis global juga akan semakin membaik," pungkas John. (Amu)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 16:50 WIB PAJAK PENGHASILAN

DJP Sebut Tiap Perusahaan Bebas Susun Skema Pemberian THR dan Bonus

Rabu, 24 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

DJP Tegaskan Tak Ada Upaya ‘Ijon’ Lewat Skema TER PPh Pasal 21

Rabu, 24 April 2024 | 11:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Syarat Daftar Kerja Pakai NPWP 15 Digit atau 16 Digit? Begini Kata DJP

BERITA PILIHAN
Rabu, 24 April 2024 | 18:50 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Koperasi Simpan Pinjam Modal Rp5 Miliar, Lapkeu Wajib Diaudit AP

Rabu, 24 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Perhotelan di UU HKPD?

Rabu, 24 April 2024 | 17:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Awasi WP Grup, DJP Bakal Reorganisasi Kanwil LTO dan Kanwil Khusus

Rabu, 24 April 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Urus NTPN Hilang? Ini Beberapa Solusi yang Bisa Dilakukan Wajib Pajak

Rabu, 24 April 2024 | 16:50 WIB PAJAK PENGHASILAN

DJP Sebut Tiap Perusahaan Bebas Susun Skema Pemberian THR dan Bonus

Rabu, 24 April 2024 | 16:45 WIB PENGADILAN PAJAK

Patuhi MK, Kemenkeu Bersiap Alihkan Pembinaan Pengadilan Pajak ke MA

Rabu, 24 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

DJP Tegaskan Tak Ada Upaya ‘Ijon’ Lewat Skema TER PPh Pasal 21

Rabu, 24 April 2024 | 16:30 WIB KPP MADYA TANGERANG

Lokasi Usaha dan Administrasi Perpajakan WP Diteliti Gara-Gara Ini

Rabu, 24 April 2024 | 15:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

DJP: 13,57 Juta WP Sudah Laporkan SPT Tahunan hingga 23 April 2024