AMERIKA SERIKAT

Daerah Ini Ajukan Cukai Rp60 Ribu/Bungkus Rokok

Redaksi DDTCNews | Rabu, 26 Februari 2020 | 06:30 WIB
Daerah Ini Ajukan Cukai Rp60 Ribu/Bungkus Rokok

NEW JERSEY, DDTCNews - Negara bagian New Jersey, Amerika Serikat (AS) bersiap menerapkan tarif cukai tertinggi di Negeri Paman Sam untuk konsumsi rokok pada tahun depan.

Gubernur New Jersey Philip D. Murphy mengajukan rencana anggaran negara bagian yang salah satunya mencakup rencana pungutan cukai sebesar US$4,35 atau setara Rp60.200 untuk setiap bungkus rokok. Dengan kata lain pemerintah mengajukan kenaikan cukai sebesar US$1,65 dari tarif yang berlaku saat ini.

Rencana kebijakan tersebut diperkirakan akan menggenjot penerimaan pajak ke kas negara bagian sebesar US$218 juta per tahun. Apabila terlaksana, maka negara bagian New Jersey akan bergabung dengan New York dan Connecticut yang mengenakan cukai sebesar US$4,35 untuk setiap bungkus rokok.

Baca Juga:
Sudah 3 Tahun Berjalan, Begini Evaluasi DJBC Soal Penyelenggaraan APHT

"Ini merupakan cara paling efektif untuk mengurangi penggunaan tembakau," kata Ketua Campaign for Tobacco-Free Kids, Matthew L. Myers, Selasa (25/5/2020).

Data dari gerakan kampanye tersebut menyebutkan setiap kenaikan cukai atas tembakau sebesar US$1,65 akan membuat 46.300 orang dewasa New Jersey memutuskan untuk berhenti merokok. Angka tersebut termasuk sebanyak 4.600 perokok yang berusia 18 tahun hingga 26 tahun.

Kenaikan cukai ini belum termasuk pungutan pajak penjualan yang harus dibayar perokok ke kas pemerintah federal AS. Harga jual yang tinggi menjadi insentif yang kuat untuk membujuk perokok berhenti.

Baca Juga:
Menarik! DJBC Beri Edukasi Rokok Ilegal Lewat Kesenian Ebeg Banyumasan

Selain rencana kenaikan cukai rokok, pemerintah negara bagian New Jersey juga menaikkan ambang batas usia yang boleh membeli rokok menjadi 21 tahun. Produk pengolahan tembakau lainnya dalam bentuk rokok elektrik atau vape juga dilarang peredarannya pada awal tahun ini.

Kebijakan pelarangan penjualan vape ini menjadikan New Jersey sebagai negara bagian kedua di AS yang melarang penjualan cairan vape. Instrumen fiskal ini disebut bekerja efektif dalam menekan konsumsi rokok di New Jersey.

Data Departemen Kesehatan New Jersey menunjukan pada 2018 13% orang dewasa masih memiliki kebiasaan merokok. Angka ini turun dari data 2011 dimana 17% orang dewasa merupakan perokok aktif. Penurunan tren perokok ini juga berlaku secara nasional, pada 2005 21% warga AS merupakan perokok. Kemudian angkanya turun menjadi 13,7% orang dewasa AS yang menjadi perokok.

Baca Juga:
Itjen Kemenkeu Awasi Cukai Hasil Tembakau, Ada Soal Rokok Elektrik

Namun, tidak semua pihak senang dengan rencana kebijakan pemerintah. Juru bicara pengusaha tembakau, David B. Sutton mengatakan proposal kenaikan cukai rokok tidak adil bagi konsumen. Setiap kenaikan pajak atas konsumsi rokok diprediksi akan semakin meningkatkan peredaran rokok ilegal di pasar.

"Organisasi kriminal akan mengeksploitasi kebijakan pajak baru dengan menjual tembakau yang diimpor secara ilegal. Hal ini akan menghalangi penerimaan pajak kepada pemerintah dan merugikan pelaku usaha," katanya dilansir nytimes.com. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 10:00 WIB SENGKETA PAJAK

Gara-Gara Insentif Pajak Mobil Listrik, AS Digugat China ke WTO

Kamis, 21 Maret 2024 | 15:37 WIB KABUPATEN BANYUMAS

Menarik! DJBC Beri Edukasi Rokok Ilegal Lewat Kesenian Ebeg Banyumasan

Senin, 18 Maret 2024 | 14:40 WIB LAPORAN KINERJA ITJEN 2023

Itjen Kemenkeu Awasi Cukai Hasil Tembakau, Ada Soal Rokok Elektrik

BERITA PILIHAN