Sabtu, 18 November 2017 | 17:08 WIB

PROFIL PERPAJAKAN FINLANDIA

Di Negara Ini, Anggota Gereja Dipajaki Hingga 2,2%

Di Negara Ini, Anggota Gereja Dipajaki Hingga 2,2%


REPUBLIK Finlandia atau dalam Bahasa Finlandia disebut sebagai Suoman Tasavalta, adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara. Negara yang terletak dibagian tengah bumi ini masuk dalam wilayah Eropa, namun tradisi dari masyarakatnya sangat condong dengan budaya Asia. 

Negara yang terkenal dengan sebutan negeri 1000 danau ini memiliki PDB per kapita yang tinggi dan setara dengan negara Britania Raya, Perancis, Jerman, Swedia dan Italia. Tahun 2016, PDB per kapita Finlandia mencapai US$43.044.

Sektor ekonomi penyumbang penghasilan terbesar adalah sektor jasa dengan persentase 65,7%, diikuti oleh manufaktur dan pengilangan dengan total 31,4%. Finlandia sangat terintegrasi dengan ekonomi global, dan perdagangan internasional menyumbang pendapatan sepertiga dari PDB.

Dengan jumlah populasi yang hanya 5,5 juta penduduk pada 2016, negara Finlandia memiliki ratio pajak sebesar 44,1%. Ini lantaran setiap warga negaranya diwajibkan untuk membayar pajak dalam jumlah yang besar.

Sistem Perpajakan

SALAH satu yang unik dari sistem perpajakan di Finlandia yakni mengenakan pajak gereja (Church tax). Pajak tersebut dikenakan atas penghasilan yang diterima oleh individu yang menjadi anggota dari dua gereja yaitu gereja Evangelic Lutheran dan Orthodoks.

Tarif pajak yang dikenakan terhadap anggota gereja tersebut bervariasi antara 1% - 2,2% tergantung pada paroki yang bersangkutan. Paroki adalah istilah untuk komunitas kaum beriman yang dibentuk secara tetap dengan batas-batas kewilayahan tertentu dalam Keuskupan (Gereja Partikular).

Pajak penghasilan (PPh) orang pribadi ditetapkan secara progresif baik yang dipungut oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah pusat menetapkan tarif sebesar 6,5% - 31,50%. Adapun untuk pajak daerah dipungut pada tarif rata-rata atas penghasilan kena pajak dengan tarif berkisar pada 16,50% - 22,50%, tergantung kotamadya.

Otoritas pajak Finlandia menetapkan tarif standar pajak perusahaan 20%. Untuk withholding tax seperti dividen dan royalti, otoritas menetapkan tarif sebesar 20%, sementara atas penghasilan bunga tidak dipungut pajak.

Terkait dengan pajak internasional, Finlandia telah memiliki lebih dari 70 perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B) dengan berbagai negara termasuk Indonesia. Dalam aturan transfer pricing, pemerintah Finlandia secara umum mengikuti pedoman yang telah dibuat oleh OECD dengan menerapkan prinsip arm’s length.

Uraian

Keterangan

Sistem Pemerintahan, Politik

Republik Parlementer

PDB Nominal

US$236,8 miliar  (2016)

Pertumbuhan ekonomi

1,9% (2016)

Populasi

5,5 juta jiwa (2016)

Tax Ratio

44,1% (20 15)

Otoritas Pajak

National Board of Taxes

Sistem Perpajakan

Self-Assessment System

Tarif PPh Badan

20%

Tarif PPh Orang Pribadi

6,25% - 31,5%

Tarif PPN

24%

Tarif pajak dividen

20%

Tarif pajak royalti

20%

Tarif pajak bunga

-

Tax Treaty

70 negara

Topik : profil negara , profil perpajakan finlandia , finlandia

Artikel Terkait
Edisi Cetak
Tax Engine
Terpopuler