Kamis, 21 September 2017 | 08:29 WIB

PROFIL PERPAJAKAN LATVIA

Negara Ini Terapkan PPN dengan Tarif Standar 21%

Negara Ini Terapkan PPN dengan Tarif Standar 21%


LATVIA, salah satu bagian dari negara-negara Baltik. Baltik sendiri merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengacu pada tiga negara Eropa bertetangga yang terletak di pantai timur Laut Baltik di Eropa timur laut. Latvia merupakan negara dengan jumlah penduduk tersedikit di kawasan Uni Eropa. Terbukti pada 2016, jumlah penduduknya hanya mencapai 1,96 juta jiwa.

Latvia dulunya adalah salah satu negara paling berkembang secara ekonomis dari Kekaisaran Rusia. Industrinya terus tumbuh di bawah kekuasaan Soviet. Sekitar 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) berasal dari sektor industri. 

Pendapatan per kapita negara Latvia pada 2016 termasuk kecil yakni hanya US$14.060. Angka tersebut meningkat sebesar US$446 dari 2015 yang hanya sebesar US$13.614. Setelah bergabung dengan Uni Eropa, kondisi ekonomi Latvia justru terus mengalami penurunan. Hal ini lantaran berubahnya penggunaan mata uang Lats menjadi Euro sehingga mengakibatkan inflasi yang cukup tinggi.

Sistem Perpajakan

Sejak merdeka dari Uni Soviet pada 1991, perpajakan di Latvia mengalami reformasi secara besar-besaran. Sejak saat itu berbagai reformasi telah dilakukan, termasuk memperkenalkan PPN pada 1992 dan Kontribusi Jaminan Sosial.

Otoritas pajak Latvia menetapkan tarif standar pajak penghasilan (PPh) badan sebesar 15%. Sementara itu, bentuk usaha tetap (BUT) yang berlokasi di Latvia tidak lebih dari 12 bulan akan dikenakan pajak yang lebih sederhana yaitu dengan tarif 20% dari omzet.

Sistem PPh orang pribadi saat ini ditetapkan dengan tarif flat 23%, namun baru-baru ini Perdana Menteri Latvia mengumumkan untuk mengganti sistem flat yang berlaku menjadi tarif progresif. Tarif progresif tersebut rencana akan dibagi menjadi tiga lapis yaitu 20%, 23% dan 31%.

Negara ini tidak mengenakan withholding tax baik berupa pajak dividen, pajak bunga, dan pajak royalti. Adapun untuk PPN dikenakan tarif standar 21%. Pengurangan tarif PPN menjadi 12% akan diberikan terhadap barang dan jasa tertentu, dan tarif 0% diberlakukan atas jasa keuangan dan asuransi.

Sampai saat ini, Pemerintah Latvia telah melakukan penandatanganan perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B) dengan lebih dari 59 negara di dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya itu, untuk mencegah praktik manipulasi transfer pricing, Latvia menerapkan aturan transfer pricing sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh OECD.

Uraian

Keterangan

Sistem Pemerintahan, Politik

Republik Parlementer

PDB Nominal

US$27,68 miliar  (2016)

Pertumbuhan ekonomi

2% (2016)

Populasi

1,96 juta jiwa (2016)

Tax Ratio

21,36% (2015)

Otoritas Pajak

State Reveneu Service

Sistem Perpajakan

Self-Assessment System

Tarif PPh Badan

15%

Tarif PPh Orang Pribadi

23%

Tarif PPN

21%

Tarif pajak dividen

0%

Tarif pajak royalti

0%

Tarif pajak bunga

0%

Tax Treaty

59 negara

Topik : profil negara , profil perpajakan latvia , latvia

Artikel Terkait
Buku Digital
Tax Engine
Terpopuler